Mohon tunggu...
Imam Mustain
Imam Mustain Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni musik di SMPN 2 Sedati Kabupaten Sidoarjo

saya adalah seorang pendidik atau guru di SMPN 2 Sedati Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Hobi saya adalah membaca, menulis dan bermain musik. Saat ini saya juga seorang fasilitator program guru penggerak angkatan 8. Saya juga ketua komunitas MGMP Seni Budaya jenjang SMP di Kabupaten Sidoarjo.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Koneksi Antar Materi Modul 2.3 PGP Angkatan 8

25 Agustus 2023   21:52 Diperbarui: 25 Agustus 2023   22:05 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setelah mempelajari materi pada modul 2.3 yaitu coaching untuk supervisi akademik, kini telah tiba saatnya saya harus melakukan refleksi pembelajaran modul dan mencoba mengaitkannya dari semua rangkaian modul 2. Dimana pada modul 2 terdiri dari 3 modul yaitu modul 2.1 pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, modul 2.2 pembelajaran sosial dan emosional, serta modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik.

Pada modul 2.1 yaitu pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, membahas tentang bagaimana seorang guru atau pendidik mampu memenuhi kebutuhan belajar pada tiap-tiap individu murid.  Belajar sifatnya adalah personal, oleh karena itu maka proses pembelajaran hanya akan bermakna jika seorang guru dapat memenuhi kebutuhan belajar muridnya yang sangat beragam. setiap individu murid itu unik, tidak ada yang sama. seorang pendidik harus kreatif dalam melakukan proses pembelajaran di kelas. modul 2.1 menekankan pada konsep pembelajaran yang berdiferensiasi. 

Sebagai seorang coach di sekolah, peran saya akan berfokus pada mendukung pengembangan kompetensi dan kemampuan para pendidik dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional. Saya akan menggunakan pendekatan coaching untuk membantu guru-guru mengintegrasikan konsep-konsep tersebut dalam praktik kelas mereka. Saya akan menjelaskan bagaimana peran saya sebagai seorang coach akan terkait dengan materi sebelumnya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional:

Pembelajaran Berdiferensiasi:

Penilaian Awal dan Perencanaan: Sebagai coach, saya akan bekerja dengan guru untuk membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa. Saya akan membantu guru merencanakan pembelajaran yang mempertimbangkan perbedaan individual dalam gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat siswa.

Strategi Pengajaran yang Beragam: Saya akan membantu guru mengembangkan berbagai strategi pengajaran yang sesuai dengan berbagai tipe siswa. Saya akan memberikan ide dan saran tentang bagaimana mengadaptasi materi pembelajaran agar relevan dan menarik bagi semua siswa di kelas.

Pemantauan dan Penyesuaian: Sebagai coach, saya akan bekerja sama dengan guru untuk menganalisis data hasil belajar dan merencanakan penyesuaian yang diperlukan. Kami akan bersama-sama mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan tambahan atau tantangan lebih lanjut.

Pembelajaran Sosial Emosional:

Pengembangan Keterampilan Sosial dan Emosional: Sebagai coach, saya akan membantu guru mengidentifikasi keterampilan sosial dan emosional yang relevan untuk ditanamkan dalam pembelajaran. Kami akan merancang aktivitas yang mendukung pengembangan empati, keterampilan komunikasi, dan manajemen emosi siswa.

Integrasi dalam Konteks Pembelajaran: Saya akan bekerja dengan guru untuk mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional ke dalam berbagai mata pelajaran. Kami akan merencanakan cara-cara bagaimana topik-topik seperti empati, kerja sama, dan konflik dapat diajarkan dalam konteks pembelajaran yang nyata.

Pendekatan Kepemimpinan dan Peran Model: Sebagai seorang coach, saya akan mendukung guru dalam menjadi model peran yang kuat dalam keterampilan sosial emosional. Kami akan berdiskusi tentang bagaimana guru dapat memperlihatkan contoh pemecahan masalah, manajemen konflik, dan komunikasi yang efektif kepada siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun