Mohon tunggu...
Imam Buhori
Imam Buhori Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas 17 Agustus 1945

Saya merupakan mahasiswa aktif di univeristas 17 agustus 1945 surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya, Gunakan E-Commerce dan Social Media untuk Kembangkan UMKM di Medokan Semampir

20 Desember 2022   11:00 Diperbarui: 20 Desember 2022   11:03 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berbicara mengenai perguruan tinggi, pasti tidak lepas dari Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari : Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih mengiplementasikan pengabdian masyarakat dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dengan mewajibkan mahasiswa melakukan KKN sebagai salah satu syarat untuk menambil skripsi. KKN di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dilakukan setiap tahunnya.  KKN Semester Gasal 2022/2022 diselenggarakan diwilayah RW 03 Medokan Semampir dengan tema "Penguatan Ikon Kampung Wisata Surabaya"

Imam Buhori, mahasiswa Administrasi Bisnis Untag Surabaya selaku peserta KKN Gasal 2022/2023, dibawah bimbingan Ibu Siti Mutrofin, S.Kom., M.Kom. selaku dosen pembimbing lapangan selama kegiatan KKN berlangsung. Melalui topik KKN yang diselenggarakan, Imam melaksanakan pengabdian masyarakat degan topik "Digitalisasi". Dengan sasaran salah satu UMKM Bu Juati yang ada di Medokan Semampir Blok A no 7A, Kec. Sukolilo, Surabaya. UMKM  Bu Juati merupakan suatu UMKM yang menjual produk jajanan dan aneka minuman.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pemilihan tempat KKN di UMKM Bu Juati ini dikarenakan Imam melihat UMKM belum memanfaatkan digitalisasi untuk penjualan dan pemasaran. Maka dari itu, Imam tertarik untuk melakukan penyuluhan dan pemantauan UMKM dengan menggunakan media e-commerce Grab Merchant, Gofood, Shopeefood dan social media Insagram maupun Tiktok.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

"Harapan saya, pemilik UMKM bisa memanfaatkan kemajuan digital saat ini dengan menggunakan aplikasi sebagai media penjualan online, serta memanfaatkan social media sebagai media pemasaran digital. Sehingga penjualan produk dapat meningkat dan lebih luas dari saat ini" ujar Imam.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun