Di zaman yang serba canggih ini, banyak sekali kemajuan-kemajuan yang terjadi diseluruh belahan dunia termasuk dalam bidang perdagangan atau jual-beli. dewasa ini e-commerce mulai berkembang pesat di Indonesia. Lalu apa sih e-commerce itu? e-commerce merupakan sebuah jual-beli produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan internet.
Salah satu bentuk e-commerce yang berkembang di Indonesia adalah Sosial Media Shop atau yang sering kita kenal dengan Online Shop. Dengan adanya Online Shop ini, kita tidak perlu harus datang ke toko untuk membeli barang-barang yang kita butuhkan atau kita inginkan. cukup dengan membuka facebook, bbm, twitter, ataupun instagram. kita bisa memilih barang-barang yang kita butuhkan atau kita inginkan. hanya saja kelemahan dari online shop ini adalah ketika barang yang kita pesan ternyata saat kita terima tidak sesuai dengan harapan. ini yang sering kali terjadi di online shop. Maka dari itu konsumen harus pintar-pintar dalam memahami produk yang ingin kita beli di online shop agar tidak kecewa pada akhirnya.
Nah, buat kita para pelajar, bisnis online shop ini cocok buat kita untuk berbisnis atau sekedar mencari uang tambahan. Sudah banyak contohnya yang sukses dan menjanjikan.
Berikut ini tips berbisnis online shop:
1. Percaya diri
Percaya diri sangat diperlukan dalam semua hal termasuk berbisnis online shop ini. Kita harus percaya bahwa usaha yang kita jalani pasti akan sukses sehingga tidak menimbulkan beban bagi kita dalam menjalankan usaha ini.
2. Riset dan Konsep
Kita harus melakukan riset dan konsep dengan matang. kita juga harus mempertimbangkan mengenai peluang, kelemahan dan akibat apabila usaha ini tidak berjalan dengan lancar.
3. Pengalaman
Benarkah pengalaman itu penting? Ya, pengalaman itu penting dalam sebuah usaha. Lalu, bagaimana dengan kita yang belum mempunyai pengalaman di bidang ini? jawabannya, jika kita belum punya pengalaman di bidang ini, maka kita daat belajar dari pengalamn orang lain yang sudah punya pengalaman di bidang ini.
4. Promosi