Mohon tunggu...
Imam Mahmudi
Imam Mahmudi Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Thinker

Traveler, lifelong learner, pengamat lini masa dan seorang bapak muda 😁 Yuk saling follow!

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi: 7 Bagian Penting yang Harus Diperiksa

10 April 2023   05:02 Diperbarui: 10 April 2023   06:24 1149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Bengkel Spesialis Hyundai Trajet. Dok. Imam Mahmudi

Lebaran tinggal beberapa hari lagi dan saya sedang mempersiapkan diri untuk mudik dengan mobil pribadi. Mudik selalu seru dan bikin gembira, meskipun macetnya bikin stres. Tapi, tentu saja saya harus mempersiapkan mobil dengan baik agar mudik aman dan nyaman. Mobil yang kami akan gunakan nanti adalah Hyundai Trajet V6 SE tahun produksi 2001, bisa dibilang juga termasuk motuba, namun sangat nyaman dan kami  merawatnya dengan baik. 

Sebelum mudik, ada beberapa bagian penting mobil yang harus saya periksa agar mobil siap untuk menempuh perjalanan jauh, yaitu:

Mesin Mobil

Saya harus memeriksa mesin mobil secara menyeluruh untuk memastikan mobilku siap untuk menempuh perjalanan jauh. Jika mesin mobil masih bagus, saya hanya perlu melakukan tune up mesin standar seperti membersihkan karburator, menyetel klep, mengganti busi, dan mengganti oli.

Namun, jika saya ingin meningkatkan tenaga mesin, saya meminta mekanik untuk menyetel lebih bertenaga.

Selain itu, saya juga harus memeriksa saluran bahan bakar ke ruang bakar dan memeriksa kondisi busi agar pengapian mesin lebih sempurna.


Air Radiator

Saya harus memeriksa kondisi air di radiator mobil dan membersihkannya jika perlu. Saya juga bisa menambahkan cairan pendingin radiator untuk memaksimalkan performa mobil.

Rem dan Kaki-kaki

Saya harus memeriksa komponen kaki-kaki mobil seperti pelek, rantai dan gir, ban, dan bearing roda. Saya juga harus memeriksa kampas rem, membersihkannya dari kotoran, dan memastikan ketebalannya masih layak pakai. Jika sudah tidak layak, sebaiknya saya ganti dengan yang baru.


Suasana Salah satu Bengkel Spesialis Hyundai Trajet. Dok. Imam Mahmudi
Suasana Salah satu Bengkel Spesialis Hyundai Trajet. Dok. Imam Mahmudi

Ban

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun