Mohon tunggu...
Imam Mahmudi
Imam Mahmudi Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Thinker

Traveler, lifelong learner, pengamat lini masa dan seorang bapak muda 😁 Yuk saling follow!

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Rencana Kami Jika Sahur di Alam Terbuka sambil Berkemah ala Campervan

7 April 2023   02:47 Diperbarui: 7 April 2023   02:58 1095
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Piknik gelar tikar ditemani Trajet kesayangan/Dok. Imam Mahmudi

Sahur di rumah sudah biasa, sahur di masjid atau mushola sudah pernah juga. Bagaimana kalau kita coba sahur di alam terbuka? Hmmm.. Sepertinya seru dan menarik.

Saya udah siapkan segala perlengkapan camping yang dibutuhkan, mulai dari sleeping bag, tenda, lampu senter, hingga perlengkapan masak. Berhubung kami ingin merasakan sensasi berkemah yang lebih mudah, saya memutuskan untuk menggunakan mobil atau campervan sebagai tempat tidur dan memasak. Maklum saja, saat kami ini memiliki anak usia 4 tahunan.

Siang hari kami berangkat menuju lokasi camping yang tidak jauh dari Jakarta, berada di daerah Sentul, Kabupaten Bogor. Sesampainya di tempat tujuan, saya mencari posisi yang aman dan nyaman untuk berkemah. Tentunya lokasi camping yang sudah dipersiapkan oleh pengelola camp.

Saya memilih area yang cukup jauh dari keramaian dan memiliki pemandangan yang indah. Setelah menemukan lokasi yang pas, saya langsung memasang tenda dan mengatur perlengkapan.

Sambil menunggu adzan Magrib berkumandang, kami menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Karena untuk menu berbuka kami tidak ingin yang terlalu repot, maka kami mencari takjil dan makanan dari warung sekitar, ini sekaligus ikut memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat di sekitar area camping juga.

Mengisi waktu bersama keluarga di area camping dengan bercerita, bercanda dan santai sambil menimati suasana alam, untungnya cuaca malam itu cerah, bulan pun nampak jelas terang terlihat. Syahdu...

Jam 10 malam, kami memutuskan untuk berisitirahat. Anak dan istri akan  tidur di dalam mobil yang sudah saya lepas jok di baris tengah dan belakang, saya ganti dengan kasur lipat, tidak lupa membawa bantal dan selimut juga agar istri dan anak istirahat dengan nyaman.

Sementara saya nanti akan tidur di kursi supir. Namun, biasanya saya akan melihat keadaan sekitar, saya coba berkeliling dan menyapa para pengunjung lain yang masih terjaga, hitung-hitung ini ajang cari teman baru sesama campervan.


Jam sahur-pun tiba, saya membangunkan istri, untuk menyiapkan makanan sahur yang simpel, enak dan menyehatkan menggunakan peralatan masak portabel yang saya bawa.

Menu yang istri saya buat kali ini adalah sosis panggang dan nasi goreng, ditambah teh hangat, rasanya sungguh nikmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun