Mohon tunggu...
Imam Sofarudin Latif
Imam Sofarudin Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru Multimedia SMKN 1 Kaligondang

saya memiliki hobi olahraga dan mencoba sesuatu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG Daljab Katagori 2 Tahun 2022 dengan Menggunakan Medote Integrasi model Pembelajaran Project Based Learning dan STAD

9 Desember 2022   08:03 Diperbarui: 9 Desember 2022   15:46 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi
SMKN 1 KALIGONDANG

Lingkup Pendidikan
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH

Penulis
Imam Sofarudin Latif, S.Kom

Tanggal
5 Desember 2022

Situasi:
Rendahnya motivasi peserta didik dalam aspek kognitif pada mata pelajaram Desain Media Interaktif dengan kompetensi dasar  3.5  adalah 37% peserta didik mendapatkan nilai minimal 75, afektif adalah 57,1% peserta didik mendapatkan predikat minimal baik, maupun psikomotorik pada kompetensi dasar 4.5 adalah 65,7 % peserta didik mendapatkan nilai minimal 75.

Hal ini perlu dilakukan karena hasil belajar merupakan tolak ukur dimana peserta didik sudah menuntaskan dalam kompetensi yang diberikan.
Peran :
1.Kepala sekolah sebagai penanggung jawab
2.Guru dan wali murid sebagai subjek praktik baik
3.Siswa sebagai objek praktik baik

Tantangan :
1.Kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
2.Kurangnya inovasi model pembelajaran

Yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan  orang tua.

Aksi :
Langkah -- Langkah yang dilakukan adalah :
1.Kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
2.Kurangnya inovasi model pembelajaran

Yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan  orang tua.

Aksi :
Langkah -- Langkah yang dilakukan adalah :
1.Guru menyebar angket terkait dengan motivasi
2.Guru mengumpulkan data terkait hasil belajar peserta didik pada KD sebelumnnya.
3.Guru menggunakan model pembelajaran project based learning.
4.Guru saat pembelajaran membagi kelompok dengan memakai model pembelajaran STAD dengan cara melihat dari hasil angket dan hasil belajar sebelumnnya diambil 5 besar dari nilai ulangan KD sebelumnya.
5.Setelah diambil 5 besar dari nilai tertinggi kemudian peserta didik yang masuk 5 besar dijadikan ketua kelompok agar bisa membantu peserta didik yang lainnya.
6.Guru memerintahkan untuk kelompok membuat project yang sudah disepakati dan peserta didik dalam membuat project melihat LKPD.
7.Guru membantu peserta didik ketika dalam pengerjaan project mengalami kendala.
8.Guru menyuruh peserta didik memberikan tanggapan ketika ada kelompok lain sedang mempresentasikan hasil projek yang dibuat
9.Guru memberikan soal pengetahuan saat pembelajaran akan berakhir yang dikerjan di e learning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun