Lokasi
SMKN 1 KALIGONDANG
Lingkup Pendidikan
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH
Penulis
Imam Sofarudin Latif, S.Kom
Tanggal
5 Desember 2022
Situasi:
Rendahnya motivasi peserta didik dalam aspek kognitif pada mata pelajaram Desain Media Interaktif dengan kompetensi dasar  3.5  adalah 37% peserta didik mendapatkan nilai minimal 75, afektif adalah 57,1% peserta didik mendapatkan predikat minimal baik, maupun psikomotorik pada kompetensi dasar 4.5 adalah 65,7 % peserta didik mendapatkan nilai minimal 75.
Hal ini perlu dilakukan karena hasil belajar merupakan tolak ukur dimana peserta didik sudah menuntaskan dalam kompetensi yang diberikan.
Peran :
1.Kepala sekolah sebagai penanggung jawab
2.Guru dan wali murid sebagai subjek praktik baik
3.Siswa sebagai objek praktik baik
Tantangan :
1.Kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
2.Kurangnya inovasi model pembelajaran
Yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan  orang tua.
Aksi :
Langkah -- Langkah yang dilakukan adalah :
1.Kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
2.Kurangnya inovasi model pembelajaran
Yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan  orang tua.
Aksi :
Langkah -- Langkah yang dilakukan adalah :
1.Guru menyebar angket terkait dengan motivasi
2.Guru mengumpulkan data terkait hasil belajar peserta didik pada KD sebelumnnya.
3.Guru menggunakan model pembelajaran project based learning.
4.Guru saat pembelajaran membagi kelompok dengan memakai model pembelajaran STAD dengan cara melihat dari hasil angket dan hasil belajar sebelumnnya diambil 5 besar dari nilai ulangan KD sebelumnya.
5.Setelah diambil 5 besar dari nilai tertinggi kemudian peserta didik yang masuk 5 besar dijadikan ketua kelompok agar bisa membantu peserta didik yang lainnya.
6.Guru memerintahkan untuk kelompok membuat project yang sudah disepakati dan peserta didik dalam membuat project melihat LKPD.
7.Guru membantu peserta didik ketika dalam pengerjaan project mengalami kendala.
8.Guru menyuruh peserta didik memberikan tanggapan ketika ada kelompok lain sedang mempresentasikan hasil projek yang dibuat
9.Guru memberikan soal pengetahuan saat pembelajaran akan berakhir yang dikerjan di e learning.