PMM (Pengabidan Pada Masyarakat oleh Mahasiswa) merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang di bentuk oleh UMM untuk mengganti matakuliah KKN selama masa Pandemi. Mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malng (UMM), yang ber angotakan 5 orang yaitu, Ilyas Hamzah Alkatiri, Dimas Rizqullah Hamzah, Taris Frkhan Hawari, Muhammad Akli dan Moch Maulana Wildan. Pada PMM ini kelompok kami memilih tempat di SD ISLAM AL-HUDA berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertempat di desa. SD yang kami pilih berada di JL.Abdul GANI ATAS Kel.Ngaglik, Kec.batu, Kota Batu,Provinsi Jawa Timur.
Letak SD ISLAM AL-HUDA ini berada disekitar rumah-rumah warga dengan lingkungan yang baik dimana para warga sekitar sangat mendukung adanya kebaradaan SD ini ini sejak awal didirikan. Disekitar SD juga terdapat masjid yang biasanya digunakan beribadah oleh warga sekitar dan masjid tersebut juga digunakan sebagai tempat mengaji para warga setiap sore. Lingkungan SD dan disekitar termasuk bersih dan rapi, kemudian mayoritas pekerjaan warga disekitar adalah bertani.
Kegiatan yang biasanya dilakukan di SD ini mungkin sama seperti SD yang lain yaitu senin sampai jumat melakukan sekolah dan pejaran dilakukan jam 7 hingga jam 12. Pada kegiatan belajar di SD ISLAM AL-HUDA masih kekurangan tenaga pengajar. Maka dari itu kami mengajukan kegiatan mengajar belajar bersama pada SD ISLAM AL-HUDA. Karena dengan adanya pandemi ini membuat anak-anak susah untuk belajar yang membuat anak-anak kurang memahami materi sekolah.
Perubahan sosial merupakan  suatu proses yang melahirkan perubahan-perubahan di dalam struktur dan fungsi dari suatu sistem kemasyarakatan. Salah satu  tahap utama proses perubahan yaitu berawal dari diciptakannya atau lahirnya sesuatu, mungkin sesuatu yang diidamkan atau sesuatu kebutuhan, yang kemudian berkembang menjadi suatu gagasan (idea, concept) yang baru.Kami telah melakukan survey awal dan mendapatkan jumlah anak yang berada SD ISLAM AL-HUDA sebanyak 52 anak.Â
Kemudian kurangnya minat belajar pada sebagian anak seperti pada mata pelajaran Matematika, dan Bahasa inggris yang mana kami akan membuat suatu metode proses pembelajaran yang diharapkan dapat lebih meningkatkan proses minat belajar bagi para siswa dengan menggunakan Game edukatif yang menggunakan Teknologi (Contoh : Game pembelajaran, quizz elektronik interaktif dll) , dan proses absen masih menggunakan metode manual yang mengakibatkan proses absensi atau rekap nilai memakan waktu yang relative  lebih lama, Maka dari itu kami berinisiatif untuk merancang suatu mesin absen berbasis kartu RFID (Radio Frequency Identification) yang mana siswa atau guru hanya cukup  menempel kartu RFID mereka masing masing dan akan otomatis ter-record pada PC sekolah yang digunakan sebagai Base dari mesin absen tersebut, dan juga dengan membuat dan merancang mesin RFID tersebut, diharapkan pelajaran yang telah kami pelajari selama 3 tahun ini dapat bermanfaat bagi orang lain.
Di lain agenda, kami juga membantu para guru guru di SDI Al-Huda unuk mengawasi proses Ujian Akhir Semester (UAS) yang kebetulan juga sedang berlangsung di saat kami melaksanakan PMM di lokasi tersebut, kami membantu guru guru untuk menjaga proses berjalannya UAS selama 1 minggu, dari kelas 1 SD hingga kelas 5 SD
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI