Mohon tunggu...
Ilya Ainur
Ilya Ainur Mohon Tunggu... Guru - Penyusun Aksara | SCHOOL COUNSELOR

saya ingin menulis lagi dan terus menulis sampai akhir

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Selalu Ada Harapan Setiap Bulan Ramadan Datang

27 April 2020   19:49 Diperbarui: 27 April 2020   19:48 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak terasa ya tiba-tiba sudah bulan ramadhan lagi. Tiba-tiba kita sudah puasa lagi. Selalu bahagia dan gembira ketika mendengar besok ramadhan. Karena ini adalah bulan yang penuh berkah. Hanya ada satu bulan ini. Di mana kita semua berpuasa 30 hari penuh (kecuali cewek ya hehe). Lalu dimalam hari kita akan melaksanakan shalat tarawih. Tak lupa diisi oleh ibadah-ibadah lainnya. Pada intinya seluruh umat muslim tak terkceuali saya bahagia dan gembira menyambut bulan ramadhan. Bersiap dan bersemangat berlomba dalam kebaikan.

Meski di tengah pandemi. Di mana akibat wabah Covid-19 semua menjadi berbeda. Semua tidak lagi sama seperti sebelumnya. Semua aktifitas terpaksa dipending. Semua kegiatan distop dulu untuk kebaikan bersama. Tetapi bulan ramadhan tetap datang dengan menawan. Berpuasa akan tetap dilaksanakan. Meski dibeberapa tempat mesjid ditutup untuk pelaksanaan shalat tarawih tetapi masih bisa dilaksanakan di rumah masing-masing. Alhamdulillah di tempat saya sendiri. Mesjid-mesjid masih melaksanakan shalat tarawih dengan tetap menerapkan social distancing.

Intinya di manapun ibadahnya. Bagaimanapun caranya. Tidak melunturkan semangat dan niat kita untuk ibadah itu sendiri.

Terlepas dari itu semua. Jika berbicara tentang harapan saya untuk bulan ramadhan tahun ini tentunya dengan bahasa klise saya akan sampaikan. Harapannya semoga menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan menjadi pribadi yang terus bersyukur tiada henti atas segala nikmat, kemurahan dan kemudahan yang Allah berikan kepada saya.

Saya ingin menjadi pribadi yang mengisi bulan ramadhan di rumah aja akibat pandemi ini dengan memanfaatkannya untuk lebih rajin beribadah. Tidak lupa membaca kalam-kalamnya disetiap ada waktu luang. Istirahat yang cukup. Mengisi waktu dengan hal-hal yang berguna dan tidak membuat madarat bagi saya. Mendirikan shalat wajib tepat pada waktunya tidak ada alasan nanti-nanti. Tidak lupa shalat-shalat sunatnya juga. Bershalawat kepada rasul. Dan masih banyak lagi. Sampai tidak melewatkan makna dan hakikat dari seluruh ibadah dan amalan tersebut.

Satu lagi harapan saya mengenai pengembangan diri selama ramdhan dan selama di rumah aja. Semoga selalu menjadi pribadi produktif. Rajin membaca dan menulis. Dapat menuntaskan tangangan menulis yang diadakan kompsiana. Sudah dua tahun saya okut. Dan kedunya gagal. Semoga ditahun ketiga ini saya bisa menyelasikannya dengan baik.

Terkahir saya ingin menyampaikan dan harapan ini untuk saya dan kita semua. Semoga Allah sayang saya, dan sayang kita semua. Dengan segera memberikan pertolongan-Nya menjadikan bulan suci ini penuh berkah bagi seluruh hamba-Nya. Semoga Indonesia dan dunia segera membaik dan lekas sembuh dari pandemi yang menakutkan banyak orang ini. Dengan cara memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan tugas-tugas kita demi melawan Covid-19.

Sesungguhnya pertolongan Allah itu benar nyata dan ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun