Mohon tunggu...
iltizam fathulhaq
iltizam fathulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - guru ngaji, mahasiswa

main bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Trilogi Mutu Juran, Kunci Keberhasilan Manajemen Mutu

5 April 2024   17:41 Diperbarui: 5 April 2024   17:48 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Manajemen mutu (quality management) merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Penerapan sistem manajemen mutu yang efektif dapat memberikan banyak manfaat bagi organisasi, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas. 

Salah satu tokoh penting dalam pengembangan konsep manajemen mutu adalah Joseph M. Juran, seorang pakar manajemen mutu ternama. Juran memperkenalkan konsep "Trilogi Juran" sebagai kerangka kerja penting dalam mencapai mutu yang baik.

Trilogi Juran terdiri dari tiga proses utama, yaitu perencanaan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan mutu. Ketiga proses ini saling terkait dan harus dilakukan secara berkesinambungan untuk mencapai mutu yang diinginkan. Penerapan konsep trilogi mutu Juran terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai konsep Trilogi Juran dan bagaimana penerapannya dapat menjadi kunci keberhasilan manajemen mutu di organisasi.

Kembahasan 

Berikut adalah pembahasan untuk artikel berjudul "Konsep Trilogi Mutu Juran, Kunci Keberhasilan Manajemen Mutu":

Konsep Trilogi Mutu Juran

Joseph M. Juran, seorang pakar manajemen mutu ternama, memperkenalkan konsep "Trilogi Juran" sebagai kerangka kerja penting dalam mencapai mutu yang baik. Trilogi Juran terdiri dari tiga proses utama:

  1. Perencanaan Mutu (Quality Planning)

Proses mengidentifikasi pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan merancang produk serta proses yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Tahap ini bertujuan untuk menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun