Mohon tunggu...
ILMA NURAINI
ILMA NURAINI Mohon Tunggu... Lainnya - Masih pelajar smp

Saya masih seorang pelajar SMP, saya sangat ingin mencoba hal-hal baru, hobby saya menulis, membaca, menyanyi, make up pan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Study Tips

11 Oktober 2022   11:20 Diperbarui: 11 Oktober 2022   11:21 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak banget pelajar yang sulit dalam memahami materi, hal ini juga bisa diakibatkan karena lamanya mereka ngejalanin pembelajaran online di rumah. Dan kini mereka udah mulai dihadapin sama pembelajaran tatap muka, yang di mana masih banyak yang belum mampu beradaptasi dengan pembelajarannya.

Apalagi saat pembelajaran online sebagian dari mereka termasuk aku udah terlalu terbiasa menggunakan google untuk mencari jawaban dari tugas yang guru kasih ke siswanya.

Tapi kini sedikit demi sedikit aku udah mulai terbiasa, dan aktif di kelas. Tapi terkadang rasa malas ada aja, dan gak pernah luput dariku.

Terkadang ada juga materi yang gak aku paham, kaya Matematika, IPA. Bahkan tiap pelajaran IPA aku kadang ngantuk kadang semangat hehe. Bahkan saat ulangan Matematika dari 30 soal aku cuma bener 10, aduhh ini parah sih menurut aku. Tapi aku terima, karena jujur aku gak belajar dan latihan buat ulangan Matematika ini. Sebenarnya aku cinta banget sih sama pelajaran ini, tapi anehnya ada yang paham ada yang nggak. Tapi sadar sih jarang latihan.

Nah di sini aku mau kasih tips, supaya materi dari guru tetep nempel dan bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Sebenarnya aku juga belum baik dalam menjalankan tips belajar ini, tapi setidaknya aku bisa berbagi hal-hal yang bermanfaat.

Jadi tipsnya adalah, "MENGULANG MATERI YANG UDAH DI KASIH SAMA GURU DI SEKOLAH DENGAN CARA BELAJAR MANDIRI DI RUMAH"
Tapi terkadang belajar di rumah itu selalu gak fokus atau mungkin banyak gangguan nya. Oke tenang, aku bakal kasih tips belajar mandiri di rumah yang produktif. Di bawah ini tipsnya :

1. Buat Target Belajar
 Ini adalah langkah pertama, kita tulis dulu target belajar kita. Contohnya, "Hari ini aku mau belajar dan memahami bab tentang Himpunan lebih baik lagi". Kalian tulis target belajar kalian mau belajar tentang apa.

2. Cari atau Siapin Tempat yang Nyaman
 Jangan lupa juga hal ini, saat mau belajar kita harus cari tempat yang menurut kita nyaman.

3. Berdo'a Sebelum Belajar
 Berdo'a sebelum belajar jangan hanya dilakuin di sekolah aja. Tapi juga berdoa saat kita belajar mandiri di rumah, karena bagaimanapun peran utama yang membuat kita pintar dan paham akan materi yang kita pelajari adalah Tuhan Yang Maha Esa.

4. Sambil Ngedengerin Musik Tanpa Sya'ir
 Kenapa sih harus tanpa sya'ir? Karena biar pikiran kita fokus sama materi yang lagi kita pelajari. Kalo ngedengerin yang ada sya'ir saat belajar, pikiran kita bisa aja terfokus pada sya'ir yang kita denger.

5. Ditemani Secangkir Kopi
 Menurutku ditemani dan menikmati secangkir kopi sembari belajar, membuat belajar kita gak terasa suntuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun