HAFLAH AKHIRUSSANAH SEBAGAI SARANAÂ
PELIBATAN KELUARGA DI TKIT THORIQ AL FATH
Â
Rusmiyati
Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti rusmiyatirc@gmail.com
ABSTRAK
Salah satu bagian atau sektor atau jenjang pendidikan yang sangat penting untuk menyukseskan upaya tersebut adalah pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD dipercaya akan memberikan sumbangan yang penting bagi penyiapan sumber daya insani. Proses kegiatan pembelajaran pendidikan pada anak usia dini harus terarah dan terarah pada pengembangan seluruh aspek perkembangan anak melalui kegiatan bermain. Kegiatan stimulasi yang dilakukan beberapa lembaga pendidikan pra sekolah (TK) yang bertujuan menstimulasi perkembangan motorik kasar dan motorik halus diantaranya adalah Pentas Kelas Akhir Tahun atau Haflah Akhirussanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan haflah akhirussanah di TKIT Thoriq Al Fath sebagai implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jenis metode penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Haflah Akhirussanah TKIT Thoriq Al Fath sebagai salah satu pelibatan orang tua di satuan pendidikan telah sejalan dengan Permendikbud No. 30 Tahun 2017.
Kata Kunci: Haflah Akhirussanah, Pelibatan Keluarga.
ABSTRACT
One part or sector or level of education that is very important for the success of this effort is early childhood education (PAUD). PAUD is believed to make an important contribution to the preparation of human resources. The process of educational learning activities in early childhood must be focused and aimed at developing all aspects of children's development through play activities. Stimulation activities carried out by several pre-school educational institutions (TK) which aim to stimulate gross motor and fine motor development include the End of Year Class Performance or Haflah Akhirussanah. The aim of this research is to determine the implementation of haflah Akhirussanah at TKIT Thoriq Al Fath as an implementation of the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 30 of 2017 concerning Family Involvement in Education Implementation. The type of qualitative research method used in this research is the qualitative descriptive method. The results of the research stated that Haflah Akhirussanah TKIT Thoriq Al Fath as one of the parent involvement in educational units was in line with Minister of Education and Culture Regulation No. 30 of 2017.