Di era pandemic covid 19 yang saat ini sedang melanda Indonesia mengakibatkan kelesuan dan menurun nya ekomoni yang ada di dalam negri dan beberapa sector. Sector yang terdampak di antaranya adalah sector umkm banyak pelaku usaha yang mengalami kesulitan dan penurunan pembeli dan omset penjualan yang turun drastis. Hal ini di sebabkan oleh pembatasan yang di lakukan oleh pemerintah kepada masyarakat agar berdiam diri di rumah masing masing  maka dari itu perlu strategi supaya bisa mendongkrak omset penjualan salah satu nya mengunakan desain iklan yang menarik.
Karna iklan menjadi promosi terbaik untuk saat ini di era pandemic karena iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang di sampaikan melalui media dan ada banyak media dan tuntuk saat ini kebanyakan mengunakan media digital gadget serta di tunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Ada banyak pelaku yang membuat desain visual agar masyarakat tertarik dan membeli barang atau makanan mereka dan salah satu nya adalah produk
Dalam iklan ini banyak bentuk pemasaran yang di lakukan sebuah produk ada iklan yang outdor maupun indoor dan walaupun kebanyakan dan keuntungan lebih di iklan outdoor tetapi untuk saat masa pandemic kebanyakan memakai iklan indoor yang mengunakan digital gatget salah salah satu iklan yang cukup menarik adalah iklan mister burger terutama yang big bang super duper burger.
Selain iklan di media juga sangat berkaita dengan desain atau bentuk komunikasi visual di dalam nya guna untuk memberikan makna yag tersendiri di dalam iklan produk tersebut. Komunikasi visual juga banyak kaitaya seperti kata kata dan huruf, komunikasi visual juga kebnayakan di tandai dengan kata yang harus di pikirkan karena agar di pembaca tidak salah mengartikan dan terjadi misinformasi dan untuk itu komunikasi visual dan promosi juga sanggat berkesinambungan erat untuk mencapai tujuan yang maksimal secara komunikasi nya supaya brand suatu produk dapat menarik minat pelangan
Dari poster iklan tersebut ada beberapa signifikan di mulai dari signifikan tingakt Bahasa yang di gunakan pada nama produk ini dan gambar poster Mister Burger terdapat gambar makanan burger dan gajah yang sedang duduk yang pada poster tersebut sebuah penanda atau aspek material dari tanda yang berwujudkan visual dan juga konsep pada iklan ini bersifat denotative dalam iklan mister burger dengan konsep pemandangan alam yang sangat asri dan juga ikon yang cukup unik.
Untuk komunikasi visual yang ada di iklan Mister Burger cukup menarik simpatisan atau masyarakat dengan pemilihan warna yang cerah serta pemandangan alam bermaksud untuk sebuah burger dengan tampilan yang lezat dan bertumpuk toping ibarat setinggi gunung yang ada di gambar. Dan juga untuk pemilihan found ukuran kata yang bertuliskan BIG BURGER dengan maksud bahwa makanan ini memiliki ukuran yang besar dan di dukung dengan kata di bawah nya dengan kata kata super yang bermakna juga sangat jelas besar dan banyak.
Di dalam visual iklan ini juga ada sebuah gambar yang bersanding yaitu burger dan ada sebuah gajah di situ menunjukan banwa burger yang ada di mister burger lebih gede dari pada burger yang ada di toko lain nya dan isian nya lebih banyak dan gede
Komunikasi visual iklan ini juga dengan semiotika penyampaian pedan kepada konsumen namun juga sebagai relaita kehidupan masyarakat yang mengambarkan dengan porsi besar seseorang akan kenyang dan puas itu juga sangat relevan denga kehidupan yang ada di masyarakat Indonesia
Jadi komunikasi visual di sebuah brand atau produk sangat lah pentig karena memiliki kesenambungan agar bisa menarik pelangan dan juga komunikasi sebuah jalan untuk produk brand supaya menarik minat pembeli produk tesebut
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H