Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja maupun dalam pembelajran, kita sering kali mencari cara untuk lebih produktif, efektif, dan tetap seimbang. Sebuah panduan sederhana namun mendalam, tersaji untuk memberikan langkah-langkah praktis yang bisa Anda terapkan untuk mencapai hal tersebut.
1. Utamakan Orang Lain
Mengapa langkah ini termasuk praktis untuk meningkatan kinerja, belajar ? yaa alasannya cukup jelas. Kesuksesan bukan hanya tentang diri sendiri, tetapi juga bagaimana kita berinteraksi dan mendukung orang lain. Sebagai panduannya, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:
- Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang memberikan inspirasi, tantangan, dan dukungan untuk pertumbuhan anda.
- Selalu komunikasikan hal-hal penting kepada pemangku kepentingan dengan cara jelas dan relevan
- Dengarkan orang lain dengan baik. Kadang ide terbaik datang dari mendengar
2. Belajar dengan lebih Cerdas
Di tengah kesibukan, kita sering lupa bahwa belajar tidak harus sulit. Belajar tidak harus serta merta tentang membaca, menganalisis, dll. Belajar dapat Anda lakukan dari kejadian di lingkungan sekitar Anda. Cobalah Anda untuk belajar dari hal hal kecil dengan
- Meluangkan waktu setiap hari kurang lebih 15 menit untuk belajar sesuatu yang baru. Ini bisa berupa menonton tutorial, mencoba alat baru, mengamati sekitar. Ini merupakan contoh bahwa belajar tidak harus sulit untuk dilakukan.
- Fokuslah pada satu keterampilan dalam satu bulan dan pecah menjadi target mingguan. cara ini bisa dilakukan untuk kita belajar fokus suatu karya atau keterampilan dengan cara kita melakukan plann mingguan, supaya cara belajar kita lebih teratur, terarah, terjadwal.
3. Sederhanakan untuk Menguatkan
Produktivitas tidak selalu tentang melakukan lebih banyak, tetapi tentang melakukan lebih baik. Planning keterampilan Anda selama sebulan dalam mingguan, merupakan produktivitas Anda untuk belajar melakukan lebih baik. Satu keterampilan yang di tekuni hasilnya akan lebih efektif, dan lebih baik, daripada beberapa keterampilan yang di tekuni secara bersamaan.
- Mulailah hari anda dengan mengidentifikasi tiga sampai empat tugas paling penting yang harus diselesaikan
- Gabungkan tugas-tugas serupa untuk menghemat tenaga, waktu, dan energi.
- Pelajari untuk berkata "tidak" pada hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan besar Anda.
4. Jadikan Kerja Tim Lebih Efektif
Kerja tim yang efektif adalah kunci untuk mencapai hasil yang terbaik. Kerja sama tim dapat dilihat dari lingkungan terkecil Anda yaitu keluarga. Keluarga telah mengajarkan kerja sama dalam kehidupan, dari kerja sama di lingkungan terkecil, ini akan menjadikan bekal kita untuk terjun di dunia pekerjaan, bahwa kerja sama tim itu sangat penting. Beberapa tips untuk sukses dalam tim:
- Jangan takut untuk berkomunikasi secara berlebihan untuk menghindari kesalahpahaman.
- Berfokuslag pada solusi, bukan sekedar mengungkapkan masalah.
- Akhiri setiap pertemuan dengan rencana yang jelas.
5. Mainkan Kekuatan Anda