Oleh : Ilham Kurniawan, S.IP
(Suku Ijung Patih Jadi)
Mano utas batas (Wilayah) Kito tigo Luhah Pamuncak Semurup dengan Mendapo tanah Rawang kudateh Bukit Kepak kubawah ngabi Aceh Setio bayo teruh ke Muaro sekungkung Mati, lpeh Ka Muaro sungai dleh teruh ke balai buratap ijuk koto tuo Mundaki bukit sepunjung truh kekarang manio tatepat gunung bujang jalan teruh ke Betung balarik terjun ke aruh teruh Telun berasap lpeh lubuk buih bertemu Rio mungapai duduk bajuntai Diateh aka bertemu dengan Panglimo Sirah Mato itu tunggu ulu sungai tabir Tasiku gunung berapi (gunung kerinci) teruh ka gunung tirai embun lpeh bukit hamparan kain teruh ka gunung kuduk Jawi lpeh ke batu sigai kambing bertemu dengan yang bertuan Rajo bungsu bajumbak putih banjanggut merah batulong abang diam lekuk sungai pagu. Terjun Aur purindu jalan teruh ke bukit luncuk badegun ka gunung bungkuk basimpa di koto enau, disitu kayu ditakuk utan di selambah kalau sehinggo itu kiun inggatkan koto enau kalau sehinggo itu kemahin ingatkan kito pamuncak tanah mendapo semurup, terjun ke Muaro Telang nak Menjelang sungai liguh terentak di Sako Kecik terus ke sungai rotan bertemu dengan Datuk Sri Banda Menti limo puluh.
Tatkala maso Agi dulu cabikkan sirih tumihkan pinang adolah buat dengan janji Sadu budama Kupalo tupai Sadu Baungko la bakuaw ingat ka pegong Dio nian apolah pegang Kito tigo Luhah Pamuncak Semurup Sadu barunyam kayu kasigi Sadu bakayu kayu kemenyan Sadu bukarau abong pipi Sadu babungo Bungo rampai Bungo setuno sebelas hari itulah pegang Kito nian.
Sapu dengan nunggu bidin belah dayi belah dile gelar Depati kuning kodrat, Depati ngalih bupayung alam ilang dilaman anak uhang koto tuo, dengan nunggu sebelah mudik gelar Depati Semurup Sirah mato, Depati Semurup Tanah Pilih (Karang Setio), Depati Semurup awang malilo, Depati Semurup Anggonalo, Depati Semurup Putih (tanah indropuro). Sapu dengan nunggu bidin belah tengah belah dilie gelar bujong pariom putih balom lapa anak urang Rawang koto baru, sapu Menunggu bidin belah mudik gelar ijung pajinak tap, nunggu belah dahat belah dile ijung pajinak putih Baratumbuk Sirijung panjang, urang duduk dipintu gedang urang bujuntai dipintu Kecik kudarat babungo kayu kulembak babungo air belah ile Sirijung panjang belah mudik benso dirajo, belah tengah tempat yadun lpeh kaguguk batungku tigo teruh ka Tebat di lupakan dimundaki batang cemeteh teruh kabukit sarong imau tatepat gunung Maninjau teruh ka ayie nyuhuk kalembak tanah mungguk malintang sikijong tudung ngapuk taretak ka maro sungai mancur Mandaki koto ubi ke koto lalang tatepat gunung bujang teruh ke Betung belarik.
Tat kalo di Maso Dahulu Waktu berebut Arah/Wilayah Sirijung Panjang datang dari Hilir Sirajo datang dari mudik RaJadun datang dari Koto Datuk Negeri Datuk yang Berempat, RaJadun pergi ke perbatasan karena di perintahkan oleh Depati Agung, Rajadun beliau merupakan hulubalang dari Depati Agung, Dia letakkan Sirih dan pinang maka dipanggillah kedua belah pihak Sirajo dan Sirijung Panjang, Rajadun berkata “ Lah Jadi ngarak bateh arah Mudik Ijung Panjang” “ lah jadi ngarak bateh arah Hilir Sirajo “, Uhang dubalang ini pantang dubalang pantang teliti, duduk meraut anjau jauh meninjau jarak, Ijung Panjang jauh meraut anjau, Sirajo duduk meninjau jarak, kironyo lah dekat Ijung panjang melangkah mudik, Sirajo Melangkah Hilir maka bertemulah keduanya di Muara Sake, Rajadun datang dari bawah di Muaro Ayie Siulak Kecik di naik ke atas lalu melerai keduanya hendak berkelahi, “ Lah jadi itu Ijung Panjang “ “ Lah Jadi itu Sirajo “ Pedang Jatuh tombak Lepas, Pedang jatuh ke Leher Tombak Jatuh menembus Jantung RaJadun, Maka Meninggallah RaJadun, Setelah mati RaJadun maka berundinglah Sirijung Panjang dengan Sirajo, Maka keduanya sepakat untuk menempatkan secara islam dibuatlah makam, Rajadun memegang batu nisan sebelah kepala, Kemudian Ijung Panjang memegang tumpun sebelah kaki maka bersumpahlah keduanya “ disinilah batas antara kita berdua sejak sekarang sampai zaman anak cucu kita nantinya, rajadun ini sebagai bangun untuk menandakan batas wilayah antara kita berdua “ Ujar Ijung Panjang. Dimana batas kiun Sungai mancur, kemahin guguk begungung tigo, kedateh terus tbat di lupak, mendaki pematang cemeteh sirajo, kemahin ijung panjang ingat kenano sirijung panjang. Kemudian daripada itu Sirajo ini menikah dengan Anak Datuk Mengkayu Hitam yaitu Gento nanggalo, Sirajo Asal Usulnya dari Sungai Pagu (Kerajaan Sungai Pagu/Solok Selatan). Sedangkan Sirijung Panjang berasal dari Semurut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H