Mahasiswa tentu tidak luput  dari mengerjakan tugas. Namun, Bagaimana apabila ada mahasiswa yang kerja part time untuk menambah modal untuk melanjutkan kuliahnya? pada saat itu pula tugas tugas mulai menumpuk dan membuat stress mahasiswa tersebut.Â
Tentu saja mahasiswa tersebut harus bisa dan terbiasa membagi waktu untuk mengerjakan tugas tersebut walaupun dalam keadaan bekerja sekalipun.
Hal penting yang harus dimiliki adalah kemampuan mengatur waktu dengan baik karena kesibukan dan tanggung jawab akan bertambah. Selain itu, kita sebagai mahasiswa perlu punya strategi khusus agar keduanya bisa berjalan dengan baik dan optimal.Â
Nah, berikut ini adalah 5 tips mengerjakan tugas kuliah sambil bekerja agar tepat waktu, sebagai berikut :
1. Memulai dengan penuh niat
mengerjakan tugas dimulai dari dirimu sendiri jangan sampai ada pikiran " ah gampanglah" harus kamu ketahui  bahwa menyepelekan hal kecil sekalipun itu dapat berdampak buruk pada diri kita sendiri nantinya apalagi sampai menjadi kebiasaan .Â
Oleh karena itu berniatlah mengerjakan tugas karena mengerjakan tugas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.
2. Membuat deadline
Dengan adanya deadline kamu dapat fokus dan dapat menyelesaikan tugas sebelum waktu pengumpulan yang sudah ditentukan oleh dosen. Jadi, pastikan bahwa deadline yang kamu buat memiliki jarak waktu yang lebih luas di antara target waktu penyelesaian dan waktu pengumpulan.
3. Mengerjakannya secara berkala/menyicil
Setiap dosen pasti memberikan batas waktu pengumpulan tugas tersebut. Ada yang  Jangka 1 minggu, 2 minggu bahkan 1 bulan. Nah, oleh karena itu kamu harus bisa mengatur waktu pengerjaannya,jangan memaksakan satu waktu jika ternyata waktu yang dimiliki tidak cukup. Selesaikan bagian tertentu har ini lalu lanjut bagian lainnya besok dan seterusnya sampai selesai.