Kegiatan Asistensi Mengajar merupakan bentuk pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa, khususnya dari Universitas Negeri Malang, secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Aktivitas ini dilaksanakan selama 1 semester (setara 20 SKS) dengan waktu pelaksanaan selama 19 minggu. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan produk-produk pembelajaran.
Ruang lingkup dari program Asistensi Mengajar ini terdiri dari kegiatan akademik dan non akademik. Ruang lingkup yang pertama Kegiatan akademik antara lain penyusunan perangkat pembelajaran yang kreatif serta inovatif, literasi dan numerasi, digitalisasi media pembelajaran, digitalisasi asesmen pembelajaran, pengisian konten pada sistem pengelolaan pembelajaran, implementasi produk pembelajaran UM di kelas, dan berbagai implementasi pembelajaran yang berbasis teknologi.
Diantara kegiatan tersebut dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai kesepakatan bersama dosen pembimbing dan guru pamong. Kedua, kegiatan non akademik ini antara lain penertiban setiap pagi, razia peserta didik, pengawasan kegiatan PSAJ (penilaian sumatif akhir jenjang), kegiatan PPDB, dan kegiatan non akademik lainnya.
Semua kegiatan harus dilakukan oleh mahasiswa Asistensi Mengajar pada instansi yang telah dituju. Mahasiswa yang mengikuti program Asistensi Mengajar memiliki persyaratan yang harus dipenuhi antara lain, mahasiswa aktif S1 yang telah menempuh matakuliah minimal 80 SKS, mahasiswa yang memiliki IPK minimal 3,00, mahasiswa yang mendapat persetujuan dari dosen pembimbing akademik dan kaprodi, mahasiswa yang tidak sedang mendapatkan sanksi akademik dan non akademik serta tidak sedang mengikuti bentuk kegiatan MBKM yang lain. Serta mahasiswa yang telah mengisi surat pernyataan kesediaan mengikuti kegiatan Asistensi Mengajar hingga kegiatan selesai.
Kelompok kami melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar di SMKN 2 Probolinggo mulai tanggal 19 Februari 2024 sampai tanggal 14 Juni 2024. Pada tanggal 19 Februari 2024 merupakan awal dari kegiatan Asistensi Mengajar di SMKN 2 Probolinggo. Pada minggu pertama, kami melaksanakan kegiatan observasi terhadap lingkungan sekolah serta penyerahan oleh pihak universitas pada tanggal 21 Februari 2024 yang diwakilkan oleh dosen pembimbing lapangan yakni bapak Imam Alfianto S.T., M.T. Pada kegiatan penyerahan kelompok kami mempresentasikan kegiatan dan program kerja bersama kepala sekolah dan wakil kepala sekolah beserta jajarannya.
Metode penyampaian program kerja saat penyerahan dilakukan dengan metode Focus Group Discussions (FGD). Adapun beberapa program kerja yang kami presentasikan saat penyerahan diantaranya berupa program kerja untuk sekolah dan program kerja ditingkat jurusan. Untuk program kerja ditingkat sekolah disini kelompok kami merencanakan untuk dapat berkolabroasi dengan pihak osis untuk berperan aktif sebagai kepanitiaan dalam acara pentas seni. Kegiatan lain yang kami rencanakan ialah untuk bergabung dalam kepanitiaan acara Ramadhan serta penyusunan surat persiapan kerja. Sedangkan untuk kegiatan di lingkup jurusan yang kami rencanakan berupa adanya pelatihan software untuk siswa siswi jurusan DPIB serta berperan aktif dengan guru DPIB dalam persiapan kegiatan LKS.
Namun, setelahnya terdapat perbedaan antara program kerja awal dan kegiatan lapangan yang kami lakukan berdasarkan hasil dari saran dan masukan dari pihak sekolah dan dosen pembiming lapangan yang hadir dalam kegiatan Focus Group Discussions (FGD) saat penyerahan tersebut. Berdasarkan saran dan masukan yang telah di terima, serta hasil observasi di lingkungan sekolah dan beberapa bagian bagian sekolah inilah yang menjadi dasar kami untuk dapat merencakan ulang program kerja selama empat bulan kedepan. Berikut merupakan rincian kegiatan yang telah kelompok kami lakukan di sekolah,diantaranya :
Pada tanggal 26 Februari 2024 dilaksanakanlah Program Akademik pertama kali yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Adapun kami dibagi menjadi 3 kelompok guru pamong diantaranya :
- Dra. Sri Hardini Nawangsasi
- Nurul Karomah, S.Pd, MM
- Tri Lestari Dewi Purnami, S.Pd
Kelompok Asistensi Mengajar (AM) yang beranggotakan 9 orang mahasiswa membagi tugas sebagai guru mata pelajaran di SMKN 2 Probolinggo. Dengan jumlah guru di jurusan sebanyak 9, kelompok AM mengatur pembagian tugas mengajar secara merata. Setiap mahasiswa dibagi dengan satu guru dengan mata pelajaran yang berbeda. Pada kegiatan mengajar minggu kedua yakni mengikuti guru mata Pelajaran yang diikuti serta pengenalan terhadap peserta didik.
Selain kegiatan akademik, kami juga berpartisipasi dengan kegiatan nonakademik, diantaranya mulai tanggal 26 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024 melukakan inspeksi kedisiplinan peserta didik kelas X, XI,dan XII bersama WAKA Kesiswaan. Pada hari Rabu, 28 Februari 2024 kami melakukan program kerja kami berupa sosialisasi pengenalan terkait Linkedin dan pengaplikasian dalam dunia kerja dalam kegiatan penguatan profil pancasila pada peserta didik (P5) kurikulum merdeka bersama jasa raharja.