Model Pembelajaran ASSURE: Panduan Mudah Dipahami
Model pembelajaran ASSURE adalah sebuah kerangka kerja yang dirancang untuk membantu guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif. Model ini terdiri dari enam langkah utama: Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Media, and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, dan Evaluate and Revise. Mari kita bahas setiap langkah secara lebih rinci dengan bahasa yang mudah dipahami.
1. Analyze Learners (Analisis Peserta Didik)
Langkah pertama dalam model ASSURE adalah memahami karakteristik peserta didik. Guru perlu mengetahui berbagai aspek seperti usia, latar belakang, kemampuan, dan gaya belajar siswa. Informasi ini penting untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Contoh: Jika siswa dalam kelas terdiri dari berbagai latar belakang budaya, guru harus mempertimbangkan cara-cara mengajar yang inklusif dan sensitif terhadap perbedaan budaya tersebut.
2. State Objectives (Menentukan Tujuan)
Setelah memahami peserta didik, langkah berikutnya adalah menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART). Dengan memiliki tujuan yang jelas, baik guru maupun siswa akan memiliki panduan yang jelas tentang apa yang harus dicapai selama pembelajaran.
Contoh: Tujuan pembelajaran bisa berupa "Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis dengan menggunakan diagram dalam waktu 30 menit."
3. Select Methods, Media, and Materials (Memilih Metode, Media, dan Materi)
Langkah ketiga adalah memilih metode pengajaran, media, dan materi yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pengajaran bisa berupa ceramah, diskusi, kerja kelompok, atau proyek. Media bisa berupa video, presentasi, atau bahan cetak. Materi harus relevan dan mendukung tujuan pembelajaran.
Contoh: Untuk tujuan menjelaskan proses fotosintesis, guru bisa menggunakan video animasi yang menjelaskan proses tersebut, buku teks yang memuat informasi terkait, dan diagram yang bisa dipegang oleh siswa.