Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Akibat Aplikasi KAI Access Error saat Pesan Tiket KA Lokal, Gagal Lagi deh Naik Kereta Api

28 Maret 2025   21:02 Diperbarui: 28 Maret 2025   21:02 4166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebenarnya, saya jarang sekali naik kereta api lokal beberapa waktu terakhir.

Alasannya, waktu tempuh yang lebih lama dibandingkan naik bus dan tidak efektif saat membeli tiket. Saya tidak bia beli tiket dadakan dan harus seminggu sebelumnya agar tidak kehabisan. Makanya, saya lebih sering naik bus dari Malang atau Surabaya untuk bekerja atau kembali pulang.

Namun, beberapa waktu lalu, ada keluarga besar saya yang minta tolong untuk membelikan tiket di aplikasi KAi Access. Mereka berencana jalan-jalan bersama ke Surabaya naik kereta PP sehari dari Malang. Yah mumpung musim lebaran kapan lagi bisa jalan-jalan bersama.

Saya mengiyakan tetapi tidak janji karena tiket KA Lokal hampir selalu habis saat akhir pekan atau libur panjang. Makanya, saya meminta mereka untuk tidak berharap banyak. Jika habis, maka mereka saya arahkan saja untuk naik bus yang lebih simpel dan cepat meski biaya sedikit lebih mahal.

Saya pun bersiap untuk begadang pada H-7 keberangkatan. Biasanya sih kalau saya sudah niat untuk war tiket, saya sudah menyiapkan diri tidak tidur sebelum pergantian hari. Tujuannya, agar saat penjualan tiket pada hari-H keberangkatan dibuka, maka saya bisa gercep untuk membeli. Saya juga masih bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan saya.

Singkat cerita, jam menunjukkan pukul 00.00 yang artinya sudah berganti hari. Saya pun langsung memasukkan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan serta tanggal keberangkatan. Mulanya sih lancar. Saya bisa memilih bangku dan mulai melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

Nah, saat menunggu kode QRIS terunduh, tiba-tiba ada kode error berwarna merah dan pada aplikasi kembali ke laman muka. Waduh, saya pun panik. Saya langsung memasukkan stasiun keberangkatan, stasiun kedatangan, dan tanggal keberangkatan. Apes, pada aplikasi tidak ditemukan jadwal. Bahkan, pada hari yang lain pun sama.

Jadwal tidak ditemukan. - Dokpri
Jadwal tidak ditemukan. - Dokpri

Saat saya melihat postingan media sosial KAI Commuterline, saya mendapatkan fakta bahwa banyak orang mengalami kesusahan yang sama. Artinya, sistem sedang sibuk dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Saya pun mencoba terus untuk memasukkan data-data dan hasilnya masih nihil. Tidak ada jadwal perjalanan yang tersedia. Saya pun menghubungi saudara saya dan mengatakan bahwa aplikasi sedang error. Kemungkinan untuk mendapat tiket sangat kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun