Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Suroboyo Bus, Ironi Tempat "Healing" dan Transportasi Massal

17 Maret 2022   22:34 Diperbarui: 18 Maret 2022   18:01 2554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang ayah mengajak putranya naik Suroboyo Bus. - Dokumentasi Pribadi

Sudah hampir setahunan ini saya cukup sering menggunakan Suroboyo Bus.

Bermula dari pekerjaan di Surabaya, Suroboyo Bus menjadi andalan saya untuk bepergian di Surabaya. Walau tidak menjangkau tempat tujuan saya, tetapi dengan adanya Suroboyo Bus, pengeluaran saya menjadi lebih sedikit. Saya juga tak perlu lagi membuka aplikasi ojek online dan berjalan jauh demi mencari titik aman ketika tiba di terminal.

Suroboyo Bus juga membuat saya bisa sejenak melepas penat. Dengan duduk diam di dalam bus, maka saya bisa melihat pemandangan sekitar sembari menghela napas. Saya bisa melihat segala aktivitas di luar kaca bus sembari menikmati sajian kabin di dalam bus.

Tak sekadar itu saja, dengan menaiki Suroboyo Bus, saya juga bisa terhindar dari panasnya Kota Surabaya. Bayangkan, jika saya naik motor melalui aplikasi ojek daring, maka saya akan terpapar sinar mentari secara langsung. Tubuh saya akan kepanasan dan keringat akan bercucuran. Efeknya, saya kadang mengantuk jika sudah sampai di tempat tujuan. Sementara, saat saya duduk di dalam Suroboyo Bus, maka saya masih bisa beristirahat dan menghemat energi.

Apa yang saya dapatkan tadi memang menjadi salah satu keunggulan ketika saya dan para penumpang lain naik Suroboyo Bus. Kenyamanan menjadi kunci dari sistem transportasi massal ini. Beserta Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo yang baru saja diresmikan, Suroboyo Bus masih menjadi pusat perhatian di jalanan Kota Surabaya.

Suroboyo Bus Belum Jadi Moda Transportasi Andalan

Namun, dalam perjalanannya, berdasarkan pengamatan saya, nyatanya Suroboyo Bus belum mampu menjadi salah satu andalan transportasi umum di Kota Surabaya. 

Suroboyo Bus dinilai belum mampu memecahkan persoalan masyarakat Surabaya yang butuh transportasi massal terintegrasi. Moda ini dinilai masih menjadi sarana healing atau rekreasi jika dibandingkan dengan upaya untuk mengurai kemacetan.

Ketika saya naik Suroboyo Bus, kebanyakan saya lakukan saat akhir pekan. Saya melakukan itu ya memang untuk healing. Jika pada kondisi hari biasanya, saya lebih menggunakan ojek daring atau dijemput rekan yang menggunakan kendaraan pribadi. Kalau pun menggunakan Suroboyo Bus, maka saya memiliki waktu yang cukup banyak untuk sampai di tempat tujuan.

Prinsip ini saya gunakan karena pernah sekali saya hampir terlambat bertemu dengan orang saat menggunakan Suroboyo Bus. Bus yang saya naiki terjebak kemacetan di suatu perempatan dan membutuhkan waktu sejam lebih untuk sampai di tempat tujuan. Sementara, jika menggunakan transportasi ojek daring, maka saya hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Sungguh sebuah kontradiksi yang sangat besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun