Ikom.umsida.ac.id -- Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dampingi SMA Dharma Wanita 6 Sidoarjo dalam mengelola dan mengembangkan media sosial guna memperkuat branding sekolah.
Umsida terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) di berbagai program studi, salah satunya di Program Studi Ilmu Komunikasi.
Kurikulum ini bertujuan memberikan pengalaman belajar langsung kepada mahasiswa melalui berbagai proyek yang melibatkan masyarakat. Salah satu contohnya adalah mata kuliah Produksi Konten Media Digital yang diampu oleh dosen Nur Maghfirah Aesthetika MMedKom.
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan menjalankan project berbasis masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Putri Mega, yang akrab disapa Mega, salah satu mahasiswa yang ikut dalam project ini. Bersama empat rekannya dalam satu kelompok, mereka memilih SMA Dharma Wanita 6 Sidoarjo yang berlokasi di Sedati, sebagai tempat pelaksanaan proyek mereka.
Mega menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan project ini yang ternyata memberi banyak manfaat bagi sekolah maupun bagi mahasiswa yang menjalankannya.
Fokus Pengabdian: Pengelolaan dan Pengembangan Sosial Media
Dalam project ini, Mega dan kelompoknya diberi kebebasan untuk memilih mitra pengabdian yang memerlukan bantuan dalam pengelolaan dan pengembangan media sosial.
"Kami diminta untuk memilih sekolah yang benar-benar membutuhkan bantuan dalam pengelolaan dan pengembangan media sosial. Dari hasil survei kami, terlihat bahwa feed Instagram sekolah ini kurang teratur, dan sekolah bahkan belum tercantum di Google Maps," ujar Mega.