Dunia blogging berkembang begitu pesat. Menurut yang saya lihat, aktivitas Blog dan Blogger dari sekedar catatan pribadi, tempat curhat dan hobi, sekarang perlahan menjadi sebuah profesi. Ya! Sebuah profesi yang bisa menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Dan seiring perkembangan zaman, blog pun dilirik sebagai media promosi, seperti sebagai penyumbang konten marketing.
Enam Mei 2015 lalu saya bergabung dengan Kompasiana menjadi Kompasianer. Awal tujuan adalah untuk menulis, berbagi yang semoga menginspirasi dan mencurahkan berbagai hal, yang membuat saya merasa menjadi lebih hidup. Karena lagi pula saya juga berkecimpung di bidang jurnalistik.
Saya merasakan banyak manfaat setelah menjadi blogger dan Kompasianer. Dapat hadiah dari lomba menulis, bertemu banyak orang, membangun networking, belajar konten marketing, dapat bergabung di berbagai komunitas blog yang ada, menjadi teman baru, keluarga baru dan dunia baru. Saya terhubung dengan rekan-rekan kompasianer lain dan merasa menjadi bagian dari mereka dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Kompasiana. Di samping mengenal pribadi-pribadi Kompasianer yang kece, keren dan hebat, yang dari tulisan mereka, saya temukan banyak wawasan dan pembelajaran. Intinya saya seperti menemukan banyak keajaiban yang tak pernah dipikirkan sebelumnya. It's a wonderful life, so beautiful, it's a wonderful world!
Kompasiana dengan slogan barunya; Beyond Blogging, benar-benar telah memberi warna baru bagi Kompasianer sekalian di tahun 2017 ini. Khususnya saya, di mana menjadi ruang berpikir dan beropini tentang banyak hal mengenai peristiwa-peristiwa dan isu-isu yang terus berkembang saat ini. Dengan slogan baru-nya tersebut, semoga akan semakin banyak karya-karya para kompasianer yang bisa lebih bermanfaat untuk lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara.
Blogging dan Konten Marketing; Yuk Belajar Konten Marketing!
Blog tidak bisa dipandang sebelah mata lagi sekarang ini. Seperti yang telah saya ujar di atas, dengan ngeblog kita bisa belajar nulis, bangun networking, terhubung dengan dunia luar dan sebagainya, apalagi kalau kita suka bisnis, cocok banget belajar konten marketing. Saya pikir konten marketing sangatlah penting karena mempunyai peran yang besar di dalam dunia perbloggeran.
Tentunya rekan-rekan Kompasianer sudah tidak asing lagi yang namanya Konten Marketing. Â Karena dalam dunia perblogeran tidak lepas dari Konten Marketing. Dan seringkali kita mengabaikan akan pentingnya konten marketing itu sendiri. Padahal penawaran menulis konten marketing semakin banyak beredar di kalangan blogger saat ini
Konten Marketing menurut saya adalah suatu hal yang paling penting untuk menentukan kesuksesan visi dan misi pada sebuah bisnis atau sebuah perusahaan, terutama yang pemasarannya menggunakan internet, atau bergerak di bidang online.
Blog dan media sosial (facebook, twitter, instagram, dll) bahkan kini bisa dibilang telah menjadi ujung tombak dalam marketing. Di era teknologi smartphone, keduanya mampu ‘menggeser’ pekerjaan manusia di bidang promosi penjualan. Jika dulu promosi kerap melalui sales dengan door to door, kini sudah ada peran blog dan media sosial melalui perangkat internet. Apalagi saat ini masyarakat makin terhubung dengan internet di manapun berada. Dengan smartphone, kita sudah terbiasa mencari referensi produk barang dan jasa melalui dunia maya.