Referensi merupakan salah satu ciri bahwa suatu tulisan dapat disebut karya ilmiah. Agar tulisan yang ditulis tersebut tidak terkategori plagiat maka haruslah semua referensi yang digunakan dicantumkan dalam daftar pustaka. Sebuah tulisan bisa jadi tidak bermaksud untuk memplagiasi tulisan atau pendapat orang lain, hanya saja tulisan tersebut akan terkategori plagiasi manakala si penulisnya tidak sengaja belum mencantumkan sumber tulisan atau pendapat orang lain dalam daftar pustaka tulisan tersebut. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya dalam menulis berhati-hati dan diteliti terlebih dahulu apakah pendapat yang menjadi referensi dalam tulisan tersebut sudah dicantumkan dalam daftar pustakanya.
Sebagai bahan pertimbangan membuat daftar pustaka adalah penggunaan fasilitas yang ada di microsoft word. Fasilitas ini sangat membantu dalam penulisan daftar pustaka sehingga dapat meminimalisir kesalahan tidak mencantumkan sumber referensi dalam sebuah daftar pustaka. Fasilitas ini dapat melakukan penulisan daftar pustaka secara otomatis. Di Ms. Word disediakan beberapa pilihan style daftar pustaka antara lain: APA, ISO 690, GOST, MLA, SIST02, Turabian, Chicago dan GB7714, seperti terlihat pada gambar 1 di bawah ini.
Gambar 1 Style Daftar Pustaka
Dari berbagai style tersebut dapat dipilih salah satu style yang akan digunakan. Misalnya dipilih style APA Fifth Edition. Style ini adalah style standar yang digunakan oleh Universitas Terbuka, sehingga fasilitas ini tentunya sangatlah membantu bagi para mahasiswa di Universitas Terbuka dalam menulis karya ilmiahnya khususnya bagi mahasiswa pascasarjana yang akan menulis Tugas Akhir Program Magister (TAPM)nya. Dua pekerjaan dalam penulisan karya ilmiah telah terbantu, yaitu pengecekan seluruh referensi yang digunakan dan membuat daftar pustaka, karena kedua pekerjaan tersebut akan diselesaikan oleh komputer.
Fasilitas ini terdapat pada menu References (Microsoft, 2014), seperti terlihat pada gambar 2.
Gambar 2Â Letak Menu References
Berikut ini disajikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat daftar pustaka otomatis (Hidayat, 2013)
- Letakkan kursor pada posisi yang yang akan diletakkan sitasinya, kemudian klik menu tab References dan pilih Insert Citation pada kelompok Citation & Bibliography. Pilih Add New Source jika pustakanya belum dimasukkan dan lengkapi daftar pustakanya.
Gambar 3 Cara Menambahkan Citation
- Isikan sumber pustaka sesuai dengan jenis pustakanya, dapat berupa buku, jurnal, jurnal periodik, atau berupa website dan lengkapi isian yang diperlukan. Jika sudah lengkap klik tombol OK maka sitasinya akan ditampilkan pada naskah berupa nama pengarang dan tahunnya.
Gambar 4 Contoh Penulisan Citation
- Jika daftar pustakanya sudah dimasukkan, cukup memilih pustaka tersebut pada saat memilih Insert Citation.
- Ketika akan membuat daftar pustaka maka semua sitasi yang digunakan dalam tulisan tersebut tinggal dikeluarkan dalam bentuk daftar pustaka dengan memilih Bibliography pada kelompok Citation & Bibliography. Daftar pustaka yang dihasilkan dapat diedit sesuai dengan kebutuhan Anda.
Gambar 5 Cara Membuat Daftar Pustaka
Hasilnya adalah:
Gambar 6 Contoh Hasil Daftar Pustaka
Selain langkah-langkah di atas, sebaiknya dilakukan pengecekkan terlebih dahulu apakah referensi yang digunakan telah masuk semua dalam daftar pustaka dengan cara klik Manage Sources, sehingga terlihat sitasi yang telah digunakan dalam tulisan tersebut.
Gambar 7 Contoh Citation
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.
Daftar Pustaka
Hidayat, F. N. (2013). Sitasi dan Daftar Pustaka. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Microsoft. (2014). Create a bibliography. Diakses pada 14 Januari 2014, dari http://office.microsoft.com/en-us/word-help/create-a-bibliography-HA010368774.aspx?CTT=1
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H