Ada beberapa Strategi Pemimpin dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan madrasah untuk dapat bersaing dan memenangkan pengaruh dalam melakukan kerja layanan pendidikan. Strategi tersebut diantaranya, peningkatan mutu input, mutu proses dan mutu output pendidikan madrasah. Secara umum strategi tersebut diantara point pembahasannya dapat dilihat dalam penjelasan berikut:
Strategi Kepala Madrasah sebagai Pemimpin dalam Meningkatkan Mutu Input Pendidikan. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan input pendidikan berupa sumber daya, perangkat lunak, dan harapan sebagai berikut: Strategi Kepala madrasah dalam meningkatkan sumber daya madarasah yang terdiri dari beberapa hal berikut:
Sumber Daya Manusia: Sumber daya manusia di madrasah dapat berupa tenaga pendidik dan kependidikan yang mempunyai pengaruh dominan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Strategi yang diterapkan kapala madrasah dalam memberdayakan tenaga pendidik dan kependidikan adalah membangun motivasi kerja dan mengoptimalkan partisipasi mereka. Sementara aspek yang menjadi prioritas kepala madrasah dalam hal ini adalah tenaga pendidik dan kependidikan agar dapat membiasakan diri untuk melaksanakan tunas dengan disiplin;
Sumber Daya Finansial: Madarasah merupakan unit organisasi pendidikan pada tingkat operasional. Ini mengisyaratkan bahwa operasional madrasah dalam menjalankan proses pendidikan memerlukan dana. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sumber daya dapat melalui komunikasi efektif dengan komite dan orang tua siswa, sehingga finansial madrasah tidak hanya bersumber dari bantuan pemerintah tetapi juga sumbangan suka rela dari orang tua siswa secara rutin dan kerjasama dengan beragam donator.
Sumber Daya Fisik: Sumber daya fisik madrasah berupa sarana dan prasarana pendidikan yang mencakup bangunan, ruang kelas, dan perlengkapan madrasah. Strategi kepala madrasah dalam menyediakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan bisa melalui pemberdayaan, keterlibatan, dan kepedulian warga madrasah, yayasan, orang tua siswa, dan komite;
Sumber Informasi: Informasi yang terkait perkembangan, kebijakan, dan perubahan pendidikan harus diperoleh setiap satuan pendidikan termasuk madrasah. Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sumber informasi diperoleh melalui optimalisasi partisipasi aktif dan koor dinasi madrasah terhadap pihak dan lembaga yang terkait pendidikan;
Referensi:
Reformasi Kepemimpinan Madrasah (The Power of Leadership for Better Madrasa) - Dr. H. Moh. Sulhan, M.Ag.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H