Bagaimana kita merefleksikan pembelajaran Naratif Literasi ? (PART I)
PART I
Assalamu’alaikum, wr.wb.
Perkenalkan nama saya Ika Setyaningsih. Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1, Bidang Bahasa Inggris.
Di kesempatan kali ini saya ingin membagikan refleksi pembelajaran Naratif Literasi di mata kuliah Literasi Lintas Mata Pelajaran.
Yang pertama adalah mengenai pemahaman baru yang saya dapatkan setelah mempelajari konsep refleksivitas adalah bahwa pengalaman kita dalam perjalanan mengembangkan kemampuan literasi seperti membaca, menulis, memirsa dan mengintepretasi dapat kita ceritakan dalam bentuk naratif literasi. Naratif literasi adalah salah satu bentuk tulisan reflektif atau refleksi diri.
Naratif literasi merupakan cerita perjalanan hidup seseorang untuk menjadi seseorang literat. Melalui naratif literasi kita dapat memaknai literasi di dalam pengalaman kita dan dapat menilai pengalaman, cara pandang, dan keyakinan kita tentang literasi.
Yang kedua adalah setelah membuat naratif literasi, saya benar-benar yakin bahwa literasi sangat berpengaruh dan bermanfaat dalam kehidupan saya. Hal ini karena manfaat- manfaat literasi yang saya rasakan.
- Manfaat yang pertama adalah dengan literasi saya dapat membuka wawasan dan pengetahuan. Buku adalah jendela dunia. Pribahasa itu benar sekali karena memang lewat membaca kita bisa memperoleh wawasan yang luas dan dengan membaca kita bisa belajar banyak hal. Membaca buku dapat menambah informasi baru bagi kita yang mungkin akan berguna bagi kita nantinya. Ide-ide yang tertuang dalam sebuah tulisan membantu kita untuk mengenal dan memahami dunia.
- Yang kedua adalah literasi dapat melatih kita untuk menghasilkan karya. Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri. Karya tulis itu seperti puisi, cerpen dan skripsi yang kita buat dulu itu juga hasil literasi kita. Manfaat yang ketiga adalah literasi sebagai rekreasi. Setelah seharian melakukan rutinitas yang melelahkan, dengan literasi seperti menonton film atau membaca novel yang kita sukai dapat menjadi wahana reakreasi.
Yang ketiga adalah hal yang paling ingin saya lakukan untuk berkontribusi dalam membudayakan literasi di lingkungan saya sebagai seorang calon guru adalah….
- Yang pertama saya ingin membuat perpustakaan dirumah. Setidaknya saya ingin punya ruangan di mana kita bisa memajang semua buku koleksi dengan ruang membaca yang nyaman. Perpustakaan ini nantinya tidak hanya untuk keluarga saya sendiri tetapi untuk untuk lingkungan sekitar supaya anak-anak dilingkungan saya mendapat kesempatan untuk membaca buku. Jadi, fasilitas buku tidak hanya di sekolah mereka tetapi dilingkungan juga ada jadi bisa memperkaya bahan bacaan mereka. Mempunyai perpustakaan yang nyaman dengan koleksi buku yang lengkap dan menarik, serta desain ruangan yang membuat betah pengunjungnya menjadi impian saya dari sejak masih kuliah. Sejak masa kuliah saya rajin membeli buku karena saya ingin punya banyak buku dirumah. Buku-buku itu saya simpan saja dirumah dan terkadang juga saya baca tetapi buku-buku itu belum tertata dan terorganisir dengan baik.
HAYOOO… PENASARAN…
LANJUT DI PART II YA… SEE YOU… BYE BYE… wkwkwkwk