Mohon tunggu...
IKA SETYANINGSIH
IKA SETYANINGSIH Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Nama saya Ika Setyaningsih. Saya suka menulis dan membaca. Mari kita membaca dan menulis di Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Pembelajaran - Sosiokultural dalam Pendidikan

8 Februari 2023   12:20 Diperbarui: 8 Februari 2023   12:32 1495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REFLEKSI PEMBELAJARAN

PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Oleh Ika Setyaningsih

Pembelajaran yang didapat dari Topik 1 adalah sosiokultural dalam pendidikan melihat peran orang-orang di sekitar yang mempengaruhi perkembangan individu. Individu belajar melalui interaksinya dengan masyarakat membentuk kognitif dan psikomotornya. Konsep ini membantu guru mengidentifikasi kemampuan peserta didik sehingga dapat ditemukan strategi pengajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 2 adalah status sosio ekonomi seseorang berpengaruh pada pencapaian prestasinya. Status sosial ekonomi adalah tingkatan ekonomi dan sosial individu atau keluarga berdasarkan pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Keluarga mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak dengan pemahaman pentingnya pendidikan karena akan dapat membentuk karakter.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 3 adalah dengan memahami sosio kultural guru dapat menentukan dan menerapkan tindakan yang tepat dalam pembelajaran sesuai dengan sosio kultural peserta didik. Perspektif ini perlu diperhatikan untuk strategi pembelajaran yang efektif untuk peserta didik sehingga peserta didik memperoleh kemajuan pembelajaran yang baik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 4 adalah ZPD penting diketahui guru agar dapat mengelola pembelajaran secara efektif karena ZPD merupakan jangkauan waktu dimana seseorang mendapatkan bantuan oleh orang disekitarnya. Apabila seseorang yang mendapatkan bantuan tersebut mulai bisa melakukannya sendiri, maka bentuan mulai dilepaskan sehingga akhirnya seseorang tidak memerlukan bantuan siapapun

Pembelajaran yang didapat dari Topik 5 adalah pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dapat diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik. Guru perlu memahami pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dan mengakaitkan penggunaan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran dengan ZPD peserta didik agar penerapannya dapat sesuai dengan ZPD peserta didik.

Pembelajaran yang didapat dari Topik 6 adalah permasalahan sosial, budaya, ekonomi, dan politik sebagai bahan pertimbangan guna mengambil keputusan akademik diperlukan dipahami. Hal ini bertujuan untuk memahami karakter peserta didik sebagai bagian dari masyarakat sehingga pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan masalah pendidikan disesuaikan dengan situasi sosial, budaya, politik dan ekonomi mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun