Media sosial saat ini memiliki peran yang penting dalam era digitalisasi dan industri kreatif. Kemunculan media sosial pada akhirnya memberikan kesempatan kepada seluruh kalangan untuk berpikir kreatif dan menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah konten. Mereka inilah yang kemudian sering disebut sebagai konten kreator. Keberadaan konten kreator dari berbagai macam usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan keahlian ini akhirnya membuka peluang inovasi dalam industri kreatif.
Kemampuan konten kreator dalam menciptakan personal branding dan menciptakan tren baru di dunia kuliner, fashion, musik, dan lain sebagainya menjadikan industri kreatif ikut tumbuh dan berkembang. Hal inilah mengapa dapat dikatakan bahwa konten kreator sebagai motor penggerak industri kreatif. Sebagai contoh munculnya tren dalam dunia kuliner "Seblak Coet"yang dipopulerkan oleh salah satu konten kreator pada akhirnya mendorong pelaku usaha menciptakan produk baru dengan berbagai versi dan menggerakkan industri kreatif di dunia kuliner.
Selain menciptakan trend-trend baru, konten kreator juga dapat membuka pasar produk industri kreatif lebih luas lagi bahkan level internasional melalui jasa endorsement, sponsorship, dan sejenisnya. Konten kreator sendiri sebagai penghasil karya kreatif sesungguhnya juga merupakan salah satu bagian dari industri kreatif itu sendiri yakni mendapatkan penghasilan dari konten dan juga mampu membangun komunitas kreatif. Dengan demikian, keberadaan konten kreator sangatlah penting dalam menumbuhkan industri kreatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H