Mohon tunggu...
Ika Puji Astuti
Ika Puji Astuti Mohon Tunggu... Guru - Guru Taman Kanak-kanak

Pantang menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Macam Warna melalui Pengelompokan Warna di TK Muslimat NU 16 Kelompok A2

17 Juli 2021   20:16 Diperbarui: 18 Juli 2021   00:47 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan pada anak Kelompok A2 di TK Muslimat NU 16 Kota Malangtahun 2018 terdapat rumusan masalah: 1) Bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal macam warna melalui pengelompokan pada murid TK Muslimat NU 16 Kelompok A2. 2) Apakah pengelompokan warna bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal macam warna. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana cara meningkatkan kemampuan mengenal macam warna melalui pengelompokan warna. 2) Mendeskripsikan bahwa pengelompokan warna bisa meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal macam warna.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dirancang dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri 4 tahapan, yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK Muslimat NU 16 sebanyak 10 anak. Metode pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi kegiatan anak selama proses pembelajaran dan dokumentasi berupa foto selama proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelompokan warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal macam warna. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan yaitu, pada siklus satu sebesar 60% dan pada siklus 2 sebesar 80%.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media pancingan ikan dapat meningkatkan kemampuan mengenal macam warna anak kelompok A2 di TK Muslimat NU 16 Kota Malang. Berdasarkan hasil kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat disarankan: bagi guru, penelitian ini dapat menjadi inspirasi untuk merancang pembelajran yang lebih kreatif dan inovatif, untuk sekolah penelitian ini dapat memberikan masukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar.

Kata kunci : Kognitif, Warna,  Pengelompokan warna, Bermain memancing ikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun