Mohon tunggu...
Ika Nurul Insani
Ika Nurul Insani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Digitalisasi UMKM

29 Juni 2024   22:40 Diperbarui: 29 Juni 2024   23:39 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source : Dokpri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan survey UMKM sekitar kampus.

Digitalisasi UMKM adalah perubahan dalam menelola bisnis dari konvensional ke digital. Untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas operasional suatu bisnis Digitalisasi UMKM bukan hanya mengubah proses praktik suatu bisnis dengan menggunakan teknologi, digitalisasi UMKM juga dapat digunakan untuk memantau cash flow bisnis memperoleh bahan baku secara online, hingga mengatur keuangan. Dengan begitu, pentingnya digitalisasi UMKM adalah berperan sebagai kelancaran proses keseluruhan suatu bisnis.

Sebagai Mahasiswa kita memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM di era digital. Mahasiswa memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong digitalisasi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Mereka dapat berperan aktif dalam melatih dan mengedukasi pemilik UMKM mengenai berbagai manfaat yang dapat diperoleh melalui digitalisasi. Selain itu, mahasiswa juga dapat membantu pemilik UMKM dalam memahami dan menggunakan berbagai platform online serta alat-alat teknologi yang tersedia, yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan strategi pemasaran mereka. 

Dampak dari strategi mahasiswa sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM sangatlah signifikan. Pertama, kehadiran mahasiswa membawa ide-ide inovatif dan pengetahuan terbaru tentang teknologi ke dalam UMKM, membantu mereka 

mengadopsi solusi digital yang relevan dan efektif. Selain itu, kolaborasi antara mahasiswa dan UMKM memungkinkan proses adopsi teknologi menjadi lebih lancar, mempercepat transformasi digital, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh UMKM. 

Keterlibatan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam digitalisasi UMKM juga menciptakan hubungan saling menguntungkan antara perguruan tinggi dan komunitas bisnis lokal, memperkuat konektivitas dan kolaborasi antara kedua entitas tersebut. 

Oleh karena itu, strategi ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi UMKM, tetapi juga memberikan dampak positif yang luas bagi ekosistem bisnis dan pendidikan. Dengan demikian, mahasiswa berperan penting dalam mempercepat digitalisasi UMKM, meningkatkan daya saing mereka di pasar, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih dinamis dan terintegrasi dengan perkembangan teknologi terkini. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun