Oleh:
IKA FITRIANINGSIH, S.Pd
Guru Matematika
SMP Negeri 2 Eromoko
Kabupaten Wonogiri
Fenomena wabah virus Corona (Covid-19) yang yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)..
Sekolah diliburkan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, sebagai solusinya maka proses Pembelajaran diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring), atau sering disebut online.Â
Pembelajaran daring merupakan suatu jenis belajar mengajar yang mana proses tersampainya bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan internet.Â
Pembelajaran daring menekankan pada proses belajar dengan menggunakan teknologi internet untuk mengirimkan berbagai hal yang dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (Elyas, 2018).
Sebagai pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama era digital ini membuka inovasi dalam mengajar apalagi selama pandemi covid-19. Penulis sebagai guru matematika di SMP Negeri 2 Eromoko berusaha agar peserta didik tetap enjoy dalam pembelajaran daring. Salah satu aplikasi menarik dan asyik digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Kahoot!
Kahoot! Adalah sebuah platfrom pembelajaran online berbasis permainan (game), dapat berupa soal dadakan, diskusi dan survei. Peserta didik tidak perlu membuat akun Kahoot!Â