Mohon tunggu...
Ika Devita Sari
Ika Devita Sari Mohon Tunggu... Guru - SMAN 3 JEMBER

berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

16 November 2024   22:30 Diperbarui: 16 November 2024   23:48 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Fact (Peristiwa)

Modul 3.3 di mulai dengan alur MERDEKA yaitu Mulai dari diri. Pada tahap Mulai dari diri, CGP disuguhkan dengan dua pertanyaan pemantik yaitu apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan kaitannya dengan student agency. 

Kemudian di dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan(ownership). 

Kemudian materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. 

Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa orang CGP diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang program/kegiatan yang sudah dilakukan sekolah mereka yang berdampak pada murid dan CGP lainnya memberikan umpan balik dari penjelasan tersebut.

Perasaan (Feeling)

saya merasakan pada minggu kedua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan karena akhirnya kami sampai pada modul yang terakhir dalam PGP angkatan 11 ini, meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai jadwalnya walaupun terkadang ada kendala namun tidak menghalangi saya tetap belajar. 

Saya merasa bahagia, karena saya diberi kesehatan dan kesempatan sampai pada modul 3.3. kemudian kami melaksanakan diskusi bersama teman CGP di kelas 222 bersama fasilitator dan pengajar praktik melalu ruang kolaborasi. 

Dengan adanya PGP ini, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan setiap ilmu yang saya dapatkan di sekolah tempat saya mengajar. Apalagi apa yang akan saya lakukan bersama rekan guru lainnya dapat berdampak positif bagi murid di sekolah.

Perasaan sedih saya rasakan ketika dengan selesainya modul 3.3 ini, maka kesempatan saya berdiskusi di ruang kolaborasi dan elaborasi bersama fasilitator dan instruktur sudah berakhir pada minggu ini. Meskipun dalam prosesnya saya mendapat kendala baik jaringan ataupun harus mengatur jadwal yang baik antara tugas di sekolah dan tugas di pendidikan guru penggerak, 

namun hal tersebut masih bisa di kondisikan dengan baik dan bukan menjadi kendala yang besar. Banyak hal yang dapat saya ambil pelajaran dan hikmah dari proses pendidikan ini karena nantinya akan kami aplikasikan kepada murid-murid kami dan rekan kerja kami di sekolah sebagai tempat kami berkerja.

Pembelajaran (Findings)

Modul 3.3 ini menambah pemahaman tentang  menyusun dan merancang kegiatan yang memberikan dampak positif bagi murid. Dampak positif tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency. 

Agar kegiatan tersebut dapat berdampak bagi murid, perlu mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice) yang dimiliki murid sehingga akan menimbulkan kepemilikan (ownership) bagi murid.

Dalam merancang program yang akan berdampak pada murid, yang pertama kali harus dilakukan adalah mapping asset atau memetakan potensi yang dimiliki oleh sekolah dengan tepat. Dengan mapping asset, tentunya akan memudahkan kita dalam membantu optimalisasi program agar dapat berjalan dengan baik dan lancar dan meminimalisir hambatan-hambatan yang akan ditemui. 

Dan melihat kondisi murid di wilayah sekitar dan kebutuhan pada murid sehingga saya mampu memberikan program yang mampu berdampak pada murid agar pembelajaran semakin baik dan lebih optimal.

Penerapan (Future)

Rencana kedepannya yang akan saya lakukan adalah saya akan melakukan kolaborasi dengan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajran, rekan guru wali kelas dan murid-murid saya di sekolah. berbagi ilmu dan secara bersama-sama untuk merancang program atau kegiatan yang dapat memperhatikan kesehatan murid, kebiasaan yang baik, dan mengoptimalkan pembelajaran dengan baik. Sehingga program tersebut dapat berdampak bagi murid dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kesehatan dan kebiasaan yang baik di lingkungan sekolah.



CGP ANGKATAN 11

IKA DEVITA SARI, S.Pd. Gr.

SMAN 3 JEMBER

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun