Karena di hotel terdapat banyak devisi atau department, kali ini aku bakal sedikit mengulas tentang Room devision terlebih dahulu. Sebenarnya yang dimaksud dengan tiga hal penting yang harus ada di room devision/ devisi kamar pada hotel adalah Front Office(FO), Laundry, dan Houskeeping. Karena salah satu penjualan hotel adalah kamar, front office bertugas untuk menerima tamu, housekeeping bertugas untuk menyediakan kamar dan laudry memiliki tugas untuk mencuci. Tapi apakah hanya itu tugas di devisi kamar?
Sebelum membahas lebih lanjut aku akan bahas sedikit tentang hotel management yang aku dapat di kelas beberapa waktu yang lalu.
Meskipun sama-sama bergerak di bidang pariwisata, bisnis hotel terpisah dengan bisnis perjalanan. Karena salah satu produk hotel adalah menjual kamar, maka tiap bulannya pun juga harus ada laporan, karena tujuan utama hotel adalah untuk komersial maka yang dicari adalah keuntungan. Biasanya profit yang didapat sebesar 80% sedangkan 20% lagi untuk gaji (12%) dan supply (8%). Dalam management ini harus ada POAC (planning, organizing, actuating, controling) agar tercapainya tujuan perusahaan yakni untuk mencari keuntungan dan mampu membuat tamu puas dengan menggunakan tenaga manusia dan sumber daya lainnya dalam operasionalnya.
Front Office
Front office (FO) itu yang mana, apakah yang bekerja menerima tamu di balik meja ? bukan hanya itu, yang dimaksud FO disini meliputi Reservation, reception, information, concierge, bellboy, doorman, dan masih banyak lagi. Meski begitu, sebagian besar pekerjaan banyak dilakukan di front desk, dimana merupakan tempat pertama yang para tamu singgahi, menjadi pusat layanan, penyelesaian check out dan pembayaran.
Beberapa istilah yang perlu di ketahui FO mengenai status kamar adalah Occupied, complimentary, stayover, on change/ unclean, sleep out, vacant ready, out of order, due out, late check out, dan masih banyak lagi. Untuk pengetahuan dasar mengenai front office sebenarnya sudah aku bahas belum lama ini. Baca disini untuk lebih lengkapnya.
Housekeeping (HK) bertanggung jawab atas kebersihan, pemeliharaan, dan peningkatan estetika di hotel. Dengan kata lain houskeeping dituntut untuk mampu menjaga kebersihan di seluruh area hotel, menjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan bagi setiap tamunya. Seksi-seksi di housekeeping meliputi room section, houseman section, linen and uniform, room expenses, flower section, recreation, dan HK office.
Beberapa tugas dari houskeeping adalah melakukan pemeliharaan dan membersihkan kamar tamu hotel, menjaga kebersihan public area, membuat laporan status kamar pada bagian FO, melakukan pemeriksaan dan pencatatan barang yang rusak atau hilang, dan masih banyak lagi. Area umum (public area) yang termasuk tanggung jawab HK untuk di jaga pemeliharaannya adalah lobby, corridor, ballroom, swimming pool, kids center, lounge, sport center, dll.
Laundry