Media "Big Clock"
Sebagai Inovasi Pembelajaran Membaca Satuan Waktu pada Siswa Kelas 1 SDÂ
Media pembelajaran merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk merangsang pola belajar guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif sesuai dengan capaian pembelajaran.
Seiring pertumbuhan teknologi yang semakin canggih dan modern, dunia pendidikan pun mengalami perubahan secara signifikan menyesuaikan perkembangan zaman. Banyak media pembelajaran telah ditemukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran supaya lebih efektif dan inovatif.
Media pembelajaran sangat penting bagi guru untuk menarik perhatian siswanya agar dapat memahami pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, guru harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik sera efektif dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.
Salah satu media pembelajaran yang disukai oleh siswa adalah media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Apalagi jika diterapkan pada pembelajaran yang menurut mereka sulit, pastinya akan mempermudah siswa dalam memahami materi ersebut. Contohnya materi membaca Satuan Waktu pada jam. Siswa kelas 1 SD baru memahami satuan waktu pagi, siang, sore dan malam. Mereka akan belajar mengenal satuan waktu pada jam dipertengahan semester.
Media pembelajaran "Big Clock" adalah media pembelajaran berbentuk Jam yang berukuran besar untuk menyajikan gambaran satuan waktu dalam jam. Terdapat jarum jam panjang dan pendek sebagai pembeda jam dan menit.
Media "Big Clock" terbuat dari bahan-bahan sederhana sehingga guru mudah membuatnya. Big Clock berbentuk lingkaran yang terdiri dari angka 1-12. Tujuan dari media pembelajaran  Big Clock ini adalah untuk membantu siswa dalam membaca satuan waktu, dan bisa menghitung besar sudut disetiap angka jam.
Proses penggunaan media pembelajaran "Big Clock" yang dilakukan di salah satu SD Swasta Jogja berlangsung sangat antusias. "Dalam proses pembelajaran anak dapat menunjukkan waktu jam dengan benar,'' katanya usai menunjuk salah seorang siswa yang diminta kedepan untuk menunjukkan waktu.Â
Siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran Guru di kelas karena dapat melakukan praktek secara langsung menggunakan media tersebut. Guru sebagai fasilitator memberikan arahan jika siswa mengalami kesulitan atau salah dalam menunjukkan pukul jam pada media "Big Clock".