Oleh : Iis Sakila
Calon Guru Penggerak Angkatan 6
Pada kegiatan aksi nyata kali ini, saya akan mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul budaya positif di lingkungan kelas saya, dan membagikan pemahaman dan pengalaman saya kepada rekan-rekan guru yang lain melalui webinar dengan tema " Sharing pemahaman dan pengalaman modul 1.4 Budaya Positif ". Dan rancangan tindakan untuk aksi nyata yang saya lakukan, sebagai berikut.
1. Latar belakang
Dalam menciptakan budaya positif di sekolah, guru berperan penting mengusahakan dan menyediakan lingkungan yang menyenangkan, aman, nyaman dan berpihak pada murid sesuai filosofi Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah diibaratkan tanah untuk bercocok tanam, dan murid sebagai benih-benih padi, guru sebagai petani  yang menanam benih padi hanya dapat menuntun  tumbuhnya padi, memperbaiki kondisi tanah, memelihara, dan merawatnya. Karena hal di atas, guru perlu merancang strategi untuk mengembangkan budaya positif dengan menanamkan nilai-nilai kebajikan dan membuat keyakinan sekolah pada aksi nyata modul 1.4.
2. Tujuan
Menumbuhkan motivasi intrinsik murid dalam melaksanakan disiplin sekolah.
Menanamkan nilai-nilai kebajikan pada diri murid.
Murid tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri, merdeka dan bertanggung jawab.
3. Tolok Ukur