Mohon tunggu...
iis kristia W
iis kristia W Mohon Tunggu... Guru - Call me Aisya

Selalu belajar memanusiakan manusia....

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Mal Pelayanan Publik

23 Februari 2022   13:03 Diperbarui: 23 Februari 2022   13:15 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai, kompasianer! siapa yang hari ini belum belanja? Aku punya rekomendasi Mal yang sangat lengkap untuk kalian. Eits, di Mal ini tidak menjual makanan, ya. Tapi segala macam instansi serta pelayanan publik ada di sini.

Sesuai tujuannya, mal ini didirikan untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, serta kenyamanan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Nah, beberapa hari lalu aku berkesempatan mengunjungi mal ini.

Awalnya sih ingin membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) peribadi. Namun, karena aku sudah menikah maka diharuskan NPWP nginduk suami. Sempat galau, sih. Pasalnya sesuai KTP aku berdomisili Jepara, namun faktanya hidup sehari-hari di Pati. Sehingga jarak KPP Pratama Jepara terlampau jauh jika ditempuh dari Pati.

Terbersitlah ide untuk mengakses KPP Pratama Jepara via online. Kemudian meminta layanan melalui whatsapp.  Ternyata, dari sana diinformasikan kalau keperluannya hanya menginduk NPWP saja kita bisa datang langsung ke kantor KPP terdekat. Tidak harus di kota sesuai domisili KTP. 

Berbekal informasi tersebut, gegas kuhubungi KPP Pratama Pati via online juga. Namun, ada syarat  jika kita menghendaki datang langsung ke kantor, kita diwajibkan mendaftar antrean online terlebih dulu. Karena kesibukan yang sedikit padat, rasanya terlalu lama jika masih harus menunggu antrean online diproses.

Sehingga Mal Pelayanan Publik Pati adalah jalan ninja yang kupilih. Di Mal ini kita bisa datang langsung dan meminta nomor antrean sesuai layanan apa yang kita inginkan. Beruntung, waktu aku ke sana Mal belum begitu ramai pengunjung. Jadi tidak sampai menunggu lama, keperluanku sudah terlayani.

Di Mal Pelayanan Publik Pati, terdapat kurang lebih 22 instansi, 117 Layanan, serta 22 loket, yaitu: Imigrasi, kantor pos, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil, Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Polres, Kantor Kementrian Agama, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bank Jateng, DPMPTSP Pati, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan, Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman, Dinas Tenaga Kerja LTSA,  Dinas Tenaga Kerja AK1, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koprasi dan UMKM, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Gerai DPMPTSP Jateng, UPT BP2MI Wilayah Semarang, serta Kejaksaan Pati. 

Tidak hanya itu, Mal Pelayanan Publik dilengkapi beragam fasilitas. Diantaranya perbankan, ruang laktasi, musholla, perpustakaan, serta taman bermain anak. Ruanganpun sangat luas dan nyaman, sehingga berada di sana tidak merasakan jenuh sama sekali.

Dan yang paling membuat bahagia, kini aku sudah punya NPWP. Yeay!

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun