Mohon tunggu...
Iis Isnaeni
Iis Isnaeni Mohon Tunggu... Guru - SMPN 3 Tasikmalaya

A Wife, A Mom, A Teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

8 Oktober 2022   00:11 Diperbarui: 8 Oktober 2022   00:14 4525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3. VISI GURU PENGGERAK

REFLEKSI MODEL 4P (PERISTIWA, PERASAAN, PEMBELAJARAN, PENERAPAN KE DEPAN)

Iis Isnaeni, S.Pd.

SMPN 3 Tasikmalaya

PERISTIWA (FACT)

Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.3 adalah berkenaan dengan pembuatan visi atau mimpi atau harapan ke depan. Pembentukan sebuah visi perlu sebuah kontemplasi panjang. Dalam modul ini kita diarahkan untuk menyusun sebuah visi yang tentunya bertautan dengan visi Pendidikan ala Khd dan tidak menyimpang dari peran serta nilai guru penggerak. Selain itu yang paling menarik adalah bagian penyusunan visi dengan paradigma inkuiri apresiatif yang merupakan sebuah metode berpikir dengan tolok ukur pemikiran positif dan berfokus pada kekuatan/asset awal yang dimiliki (asset oriented). Setelahnya kita diajak untuk memvisualisaiskan dalam sebuah sketsa gambaran visi tersebut. Kalimat prakarta perubahan merupakan Tindakan lanjut setelah menyusun sebuah visi dengan sebuah alat yang dinamakan A-T-A-P (Aset, Tantangan, Aksi, dan Pembelajaran). Terahir kita menyusun rancangan visi dan Prakarsa perubahan dalam sebuah kanvas kebahagiaan yang disebut B-A-G-J-A (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Hingga akhirnya dengan mantap hati saya merumuskan visi, "Melestarikan tanggung jawab murid dengan nilai-nilai religius dan humanis melalui pembelajaran menyenangkan untuk mencetak murid MASAGI di masa depan."

PERASAAN (FEEL)

Menyusun sebuah visi perlu pemikiran yang matang karena muaranya visi yang merupakan sebuah mimpi dan harapan akan terwujud dalam sebuah Tindakan nyata. Sehingga setelah melaksanakan dan mengikuti berbagai alur kegiatan M-E-R-D-E-K-A, semangat menyusun visi dan berusaha berproses mewujudkannya Kembali membara. Ingat kembali, bahwa tonggak kemerdekaan dan kemajuan Pendidikan negara ini mungkin salah satu tanggung jawab saya dan berada di Pundak saya sehingga saya harus yakin dan berusaha sekuat tenaga untuk bisa berkontribusi mewujudkan insan-insan merdeka generasi penerus bangsa tercinta ini.

 

PEMBELAJARAN (FIND)

Sekali saya tanamkan pada diri, bahwa perjuangan meraih mimpi melalui sebuah visi dan prakarsa perubahan tidak bisa begitu saja terwujud. Saya yakin dan siap akan hadirnya berbagai tantangan yang akan mewarnai perjalanan perjuangan mencapai visi tersebut. Sehingga hal pertama yang akan saya kuatkan adalah fondasi mental yang tegap. Saya akan berusaha sekuat tenaga mengerahkan kemampuan yang dimiliki secara maksimal dengan harapan suatu hari visi saya terwujud dengan optimal. Selain itu subjek pertama yang akan jadikan relasi pertama dalam mewujudkan visi tersebut adalah murid-murid saya. Memberikan keteladanan, melakukan pembiasaan positif, dan menanamkan pikiran-pikiran positif dengan mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki sebagai suatu aset atau kekuatan yang akan saya bingkai dalam pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas.

Dalam Modul 1.3. ini yang telah dipelajari adalah merdeka belajar

1. Mulai dari diri dengan membuat refleksi dan visualisasi visi dengan sebuah sketsa visioner.

Link Anyflip : https://anyflip.com/mpdwc/ldto/

2. Eksplorasi konsep, menyelami materi dan konsep yang ada dalam modul 1.3 yang intinya tentang visi guru penggerak

Link Anyflip : https://anyflip.com/mpdwc/wfty/

3. Ruang kolaborasi diskusi kelompok

Link Anyflip: https://anyflip.com/mpdwc/ujip/

4. Demonstrasi kontekstual, membuat sebuah video sederhana tentang visi guru penggerak

Link Youtube: https://youtu.be/8-KMdpcmA0A

Link Anyflip: https://anyflip.com/mpdwc/detm/

5. Koneksi Antar materi, merefleksikan dengan 4P

Link Youtube: https://youtu.be/HUffi4500fI

Link anyflip: https://anyflip.com/mpdwc/ejmt/

6. Aksi Nyata dengan ciri khas pemanis sebuah puisi berjudul "Melukis Mimpi".

Link Youtube: https://youtu.be/AT14e49qPvs

Link anyflip: https://anyflip.com/mpdwc/ltdc/

PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)

Saya akan terus melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan murid-murid saya, berusaha menyelami dunia mereka agar lebih memahami kebutuhan yang diperlukan mereka dalam mencapai merdeka belajar sehingga tujuan akhir agar mereka bisa memaknai proses pendidikan ini dengan menyenangkan dan menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk keselamatan dan kebahagiaan mereka kelak.

  • Penguatan nilai religius
  • Program bersih kelas bersama
  • Bermain dengan menyelipkan nilai budaya dan teknologi dalam belajar

Selain itu, harapan bisa memperluas relasi-kolaborasi dengan rekan guru dan seluruh pihak sekolah. Agar proses perjuangan mewujudkan visi tersebut bisa berjalan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun