JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3. VISI GURU PENGGERAK
REFLEKSI MODEL 4P (PERISTIWA, PERASAAN, PEMBELAJARAN, PENERAPAN KE DEPAN)
Iis Isnaeni, S.Pd.
SMPN 3 Tasikmalaya
PERISTIWA (FACT)
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.3 adalah berkenaan dengan pembuatan visi atau mimpi atau harapan ke depan. Pembentukan sebuah visi perlu sebuah kontemplasi panjang. Dalam modul ini kita diarahkan untuk menyusun sebuah visi yang tentunya bertautan dengan visi Pendidikan ala Khd dan tidak menyimpang dari peran serta nilai guru penggerak. Selain itu yang paling menarik adalah bagian penyusunan visi dengan paradigma inkuiri apresiatif yang merupakan sebuah metode berpikir dengan tolok ukur pemikiran positif dan berfokus pada kekuatan/asset awal yang dimiliki (asset oriented). Setelahnya kita diajak untuk memvisualisaiskan dalam sebuah sketsa gambaran visi tersebut. Kalimat prakarta perubahan merupakan Tindakan lanjut setelah menyusun sebuah visi dengan sebuah alat yang dinamakan A-T-A-P (Aset, Tantangan, Aksi, dan Pembelajaran). Terahir kita menyusun rancangan visi dan Prakarsa perubahan dalam sebuah kanvas kebahagiaan yang disebut B-A-G-J-A (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Hingga akhirnya dengan mantap hati saya merumuskan visi, "Melestarikan tanggung jawab murid dengan nilai-nilai religius dan humanis melalui pembelajaran menyenangkan untuk mencetak murid MASAGI di masa depan."
PERASAAN (FEEL)
Menyusun sebuah visi perlu pemikiran yang matang karena muaranya visi yang merupakan sebuah mimpi dan harapan akan terwujud dalam sebuah Tindakan nyata. Sehingga setelah melaksanakan dan mengikuti berbagai alur kegiatan M-E-R-D-E-K-A, semangat menyusun visi dan berusaha berproses mewujudkannya Kembali membara. Ingat kembali, bahwa tonggak kemerdekaan dan kemajuan Pendidikan negara ini mungkin salah satu tanggung jawab saya dan berada di Pundak saya sehingga saya harus yakin dan berusaha sekuat tenaga untuk bisa berkontribusi mewujudkan insan-insan merdeka generasi penerus bangsa tercinta ini.
Â
PEMBELAJARAN (FIND)
Sekali saya tanamkan pada diri, bahwa perjuangan meraih mimpi melalui sebuah visi dan prakarsa perubahan tidak bisa begitu saja terwujud. Saya yakin dan siap akan hadirnya berbagai tantangan yang akan mewarnai perjalanan perjuangan mencapai visi tersebut. Sehingga hal pertama yang akan saya kuatkan adalah fondasi mental yang tegap. Saya akan berusaha sekuat tenaga mengerahkan kemampuan yang dimiliki secara maksimal dengan harapan suatu hari visi saya terwujud dengan optimal. Selain itu subjek pertama yang akan jadikan relasi pertama dalam mewujudkan visi tersebut adalah murid-murid saya. Memberikan keteladanan, melakukan pembiasaan positif, dan menanamkan pikiran-pikiran positif dengan mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki sebagai suatu aset atau kekuatan yang akan saya bingkai dalam pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas.