Mohon tunggu...
Iin Wahyuni
Iin Wahyuni Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga "11| Jogjakarta-Merauke| berdarah jawa tapi hidup di Papua|"..kulit hitam kariting rambut aku Papua.."| @iinnot

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

KostrAd membawa pulang piala silver Pinasthika 2012

4 November 2012   02:21 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:00 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdiri di suatu panggung ajang bergengsi dengan karya yang berhasil mendapatkan salah satu piala dan mengalahkan pesaing tangguh lain tentunya merupakan hal yang patut di banggakan dan menjadi suatu moment yang tidak mudah terlupakan oleh siapapun, demikian juga dengan KostrAd. KostrAd (Komando Strategi Advertising) yang merupakan salah satu komunitas di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA) khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) yang dibentuk sebagai wadah untuk menampung kreatifitas periklanan mahasiswa Ilmu Komunikasi. Kekhawatiran hilangnya minat periklanan di fakultas ini yang membuat pendiri KostrAd mulai memikirkan wadah untuk menampung kreatifitas mahasiswa yang berminat dalam dunia periklanan di samping PR (Public Realtion). Akhirnya KostrAd pun mulai dibentuk sebagai komunitas ekstra yang dimiliki oleh PRODI Komunikasi UIN SUNAN KALIJAGA, yang mana KostrAd disini dalam bekerja berada langsung dibawah tanggung jawab Prodi ilmu komunikasi sehingga dalam setiap agenda acaranya harus sejalan dan mendapat rekomendasi dari staff Prodi Ilmu Komunikasi disamping komunitas ekstra lainnya yaitu PRO, Idekata, Ikom Radio, dan Neon Photography. Walaupun dalam beberapa tahun belakangan ini KostrAd sempat vakum dan kalah dengan komunitas lainnya di UIN, tapi melalui ajang Pinasthika 2012, kostrAd mulai mengibarkan bendera lagi.

Pinasthika merupakan event periklanan bertaraf nasional yang diadakan setiap tahun dan kali ini mengusung tema ‘CREATIVE COLLABORATION’ yang diadakan di hotel Melia Purosani Yogyakarta dari tanggal 1 hingga 3 november. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam event tersebut tidak disia-siakan oleh KostrAd. Dari berbagai kategori iklan yang dilombakan dalam Pinasthika baik itu Print Ad, unconventional media, serta TVC, KostrAd memilih untuk berpartisipasi melalui TVC dalam ajang periklanan bergengsi ini. Pemecahan brief yang tidak hanya dilakukan oleh anggota KostrAd saja, tapi juga mengajak Pak Rama Kertamukti serta beberapa orang-orang kreatif membuat ide karya TVC KostrAd masuk final Pinasthika kategori Baskara iklan media internet. Bersaing dengan komunitas-komunitas maupun agency-agency periklanan yang memang sudah jago dan mempunyai nama di Pinasthika sebelumnya tidak langsung membuat KostrAd minder dalam bersaing, dan kemarin (03/11) KostrAd pulang dengan membawa Silver di samping 16AGSTS yang membawa Gold, dan DKV ISI membawa Bronze dalam kategori yang sama. 16AGSTS pun merupakan bagian dari KotrAd, didalam proses TVC yang dikerjakan 16AGSTS terdapat orang-orang yang berjasa dalam mempertahankan KostrAd ini. TVC yang dikerjakan oleh KostrAd yang berjudul “ngesot” ini di kerjakan oleh Muhammad Fakhriansyah, M. Nur Kholis, Elyas, dan Rintri yang berlokasi di FiSHUM. Sesuai namanya “Ngesot” KostrAd menggunakan alur cerita dengan mengambil tokoh horor yaitu suster Ngesot. Seperti yang sudah diketahui bersama, Suster Ngesot dalam film-film horor Indonesia merupakan salah satu sosok hantu yang ditakuti di Indonesia. Dalam proses TVC ini, KostrAd mengemasnya bukan menjadi salah satu iklan yang menakutkan tapi berbasis komedi. Suasana malam, dan ruangan yang sepi menjadi latar/setting dari iklan ini dan biasanya dalam suasana tersebut dapat memancing hawa-hawa mistis keluar. Seorang satpam yang berjaga malam saat itu, mulai mengecek satu-persatu ruangan untuk menguncinya. Sang suster ngesotpun mulai memunculkan wujudnya, dan menakuti satpam tersebut. Tapi apa yang didapat oleh suster ngesot itu, bukannya ketakutan satpam yang diharapkan olehnya, tapi sebuah senyuman yang diberikan sebagai penghargaan atas kerja keras suster ngesot untuk berusaha menakut-nakutinya. Dengan menggunakan kalimat “hargai dengan senyum” sebagai tagline yang diharapkan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan melalui TVC ini.

Kemenangan KostrAd dalam ajang bergengsi ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi para prajurit KostrAd lainnya dalam menciptakan karya-karya kreatif mereka, dan tentunya melalui kemenangan ini KostrAd yang dulunya vakum dan dianggap tertinggal dengan komunitas lainnya sudah mulai dapat menunjukkan ke’eksistensi’annya dalam hal periklanan.

[caption id="attachment_207401" align="aligncenter" width="272" caption="sumber foto: KostrAd"][/caption] [caption id="attachment_207399" align="aligncenter" width="261" caption="sumber foto: @AShafiraditya"]

1351994542164035515
1351994542164035515
[/caption] [caption id="attachment_207400" align="aligncenter" width="252" caption="sumber foto: @fakhrie_syah"]
13519946141583144664
13519946141583144664
[/caption]

link TVC KostrAd "ngesot" : http://www.youtube.com/watch?v=HRx2W6AOHI0&feature=youtu.be

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun