1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Fasilitator: Yhanik Prihatini
Pengajar Praktik: Abdul Rohman
Pada modul ini, saya akan mencoba memaparkan tentang paradigma Inquiry Apresiatif, Kalimat Prakarsa perubahan dan Menyusun BAGJA
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- Baca juga: 1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2
Berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.
PARADIGMA INQUIRY APRESIATIF
Inquiry Apresiatif merupakan manajemen perubahan yang bersifat kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inquiry Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. Jadi, bukan hal negatif yang diangkat, melainkan mengubah hal negatif tersebut menjadi bunyi yang positif terlebih dahulu, sehingga akan berdampak positif dan menimbulkan sugesti yang baik pula. Tahapan pertama bisa dengan mengidentifikasi hal positif apa potensi yang ada di sekolah, dan mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan. Dan memunculkan strategi untuk memunculkan strategi untuk mewujudkan kearah yang lebih positif.
KALIMAT PRAKARSA PERUBAHAN
Mengembangkan Kreativitas Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila