Serunya Belajar dengan Menggunakan LCD ProyektorÂ
Penulis berdinas di sebuah Lembaga Sekolah Dasar, tepatnya UPT Satuan Pendidikan SDN  Pekoren l, sebuah Lembaga Pendidikan yang terletak di sebuah kota kecamatan, dengan keadaan geografis yang sebagian besar penduduknya bekerja  sebagai petani dan karyawan perusahaan (pabrik). Pembelajaran dengan menggunakan LCD Proyektor sudah mulai kami terapkan pada beberapa materi saja, karena tidak semua materi bisa menggunakan atau cocok dengan menggunakan LCD Proyektor.
Pemanfaatan media LCD Proyektor menjadikan proses belajar mengajar menjadi efisien, efektif, aktif, dan asyik, karena dengan menggunakan media LCD Proyektor tujuan belajar mengajar yang kita rencanakan akan tercapai dengan baik, pemahaman peserta didik terkait materi akan mudah dipahami dan diserap oleh peserta didik.
Pada pagi ini, materi yang akan penulis sampaikan adalah Tema 8 (Bumiku) Sub Tema 3 (Bumi, Matahari, dan Bulan) kelas 6. Pada materi ini penulis menyampaikan materi tentang Bumi, Matahari, dan Bulan. Dengan penggunaan LCD Proyektor materi mengenai Bumi, Matahari, dan Bulan bisa langsung dilihat dan dipahami peserta didik.
Sebelum pandemi covid-19. Pada materi yang berhubungan dengan Bumi, Matahari, dan Bulan, kami akan mengadakan Wisata Edukasi ke LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), yang wilayah kerjanya di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, tidak jauh dari Lembaga Sekolah kami (Artikel kegiatan ini telah penulis tayangkan di Kompasiana), Karena Pandemi Satuan Kerja LAPAN tidak membuka pelayanan untuk beberapa waktu yang belum bisa di tentukan, dan terakhir kami menghubungi petugas bagian Humas LAPAN, LAPAN akan kembali membuka kunjungan pada tanggal 30 Maret 2022. Kami tidak bisa berkunjung karena materi sudah melampaui batas, dan kunjungan tidak bisa kami lakukan karena bertepatan dengan Kegiatan Wisata Edukasi ke beberapa candi yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.
Pada penggunaan LCD Proyektor, Pendidik dan Peserta Didik tidak hanya berkutat pada papan tulis, spidol, atau alat tulis lainnya, melainkan Peserta Didik diajak menjelajah Bumi, Matahari, bulan, dan angkasa luar dengan dibantu oleh materi yang berbentuk Powerpoint, atau materi yang tersedia di aplikasi You Tube dan kita tinggal mencari materi yang sesuai dengan tema yang sedang kita ampuh.
Ketika Kami menyampaikan bahwa pembelajaran kali ini, kita akan menggunakan LCD Proyektor, antusias Peserta Didik sangat luar biasa sekali, terlihat pada waktu pemasangan peralatan LCD Proyektor yang kita gunakan, Seperti biasa pembelajaran dimulai dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Peserta Didik, yang pada pagi ini kebagian jadwal memimpin doa (karena di kelas Kami, semua Peserta Didik memiliki hak yang sama di dalam kelas untuk belajar menjadi seorang pemimpin, tanpa membedakan Suku, Agama, Ras, dan Adat Istiadat). Kemudian Peserta Didik menyiapkan catatan (untuk mencatat informasi penting terkait materi), karena akan ada sesi tanya jawab untuk melatih keberanian peserta didik untuk bertanya, dan menyampaikan pendapat).
Setiap benda salah satunya adalah LCD Proyektor, akan memberikan dampak positif dan negatif juga, nah penggunaan LCD Proyektor pun memiliki dampak positif dan negatif juga, di antaranya :