(Aturlahwaktumu, janganabaikan kewajibanmu wahai.... temanku)
Hai,,,,,,hai ,,,,kompasiana mania ??????
Kale ni penulis mao ngebahas tentang pembelajaran musik.
Temen-teman dah tau lum caranya ngajarin musik buat anak-ank didiknya......
Kompasiana mania pasti dah tau kan lo usia SD tu masih suka bermain, makanya pembelajran musik di SD, harus di buat semenarik mungkin lo bisa pae permainan n harus daoat manggali pangalaman siswa itu sendiri.
Anak-anak sangat menyenangi kegiatan bernyanyi misalnya kita sebagai guru/CaGur harus bisa merncanakan pelajaran seperti apa yang dapat langsung melibatkan anak dengan kegiatan musik yang aktif dan berikanlah sentuhan pribadi pada anak secara emosi atau fisik sehingga anak akan dapat merasakan bahwa musik itu adalah sumber keindahan.
Intinya untuk memperoleh pemahaman yamg bermakna unsur-unsur musik itu haruslah diberikan melalui kegiatan belajar aktif dalam bentuk kegiatan pengalaman musik.
Metodenya.....!
Metode pengajaran musik itu banyak lhooooo.........,,,,,,,,,
Ada metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, tugas, n masiiiih buanyak deh pokoknya,,,,
Tapi sayangnya ni ye, , , , , ,metode-metode itu semua ga ada yang paling sempurna atao terbaik untuk mengajarkan musik.
Jadi pengajaran musik yang baik itu harus menggabungkan beberapa metode dan penggunaan metode itu juga tergantung pada kemampuan guru serta situasi dan kondisi saat pengajaran.
Eeeeeeh bentar dulu deeeeh ya a a . . . . .
Dari tadi kita dah ngomongin soal metode , tapi sebenarnya metode itu apa siiiih???????????????
Ni tak kasih tau yaaaaa
Metode pengajaran musik adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan suatu pengajaran musik secara bertahap menurut tingkat urutan yang logis. (Wahhhh wah . . . .panjang juga ya pengertiannya)
Ada juga nipara tokoh pendidikan yang mengungkapkan pandangannya tentang pembelajran musik
Apa saja pendapat mereka...... yuuuuuk kita simak ajalangsung.Hokeeyyyyyy..
Dalcroze 1865-1950 : pengajaran teori musik haruslah diberikan melalui bunyi musik itu sendiri, sehingga anak-anak mendengar alunan bunyi tersebut.
Curwen 1816-1880: pengajaran musik yang dibayangkan anak-anak adalah bunyi, bukanlah notasinya dan dalam kegiatan belajar mengajar, haruslah diciptakan situasi yang menyenangkan bagi anak-anak.
Leonhard dan House 1972 ; metode pengajaran musik yang digunakan haruslah selalu dihubungkan dengan musik itu sendiri sebagai seni ekspresi.
Greenberg 1979 : pengalaman –pengalaman musik dapat emnegembangkan kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, melalui bunyi, alat musik, melalui suaranya sendiri dan melalui gerak tubuhnya.
Romseau 1712-1778 anak-anak memang harus belajar membaca notasi musik, tetapi janganlah dipaksakan buru-buru mempelajarinya
Edwin E. Gordon : dengan memberikan nbahan lagu sebagia sumber untuk materi pengajaran musik melalui kegiatan menyanyi.
Yyyupzzzz... banyak juga ya orang-orang yang dah peduli ma pembelajran musik, mereka pasti menginginkan agar pendidikan musik itu lebih berati ndapat memberikan pengalaman n membangkitkan motivasi anak-anak itu sendiri.
Sebenarnya pendapat-pendapat yang lain masih banyak juga siiiiihhhh.....
Tapi penulis kira dari pendapat yang di atas tadi, kita sudah dapat menyimpulkan jika pembelajaran musik itu haruslah diberikan berdasarkan pendekatan kegiatan belajar aktif malalui kegiatan-kegiatan pengalaman musik.
Jenis kegiatan pembelajaran musik.....?????
Mendengarkan musik,musik adalah bunyi jadi kita dapat menanggapi ungkapannya hanya melalui pancaindera.
Belajar mendengarkan musik adalah mengamati penggunaan unsur-unsur musik yang sudah dipelajri, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu yang terdapat dalam musik yang dihasilkan oleh bunyi berbagai alat musik itu.
Ada dua segi yang harus dikembangkan dalam mendengarkan musik yaitu mutu ungkapan musik dan sifat unsur-unsur musik di dalam lagu.
Kegiatan bernyanyi, kegiatan bernyanyi untuk anakSD haruslah dibimbing oleh guru karena jika tidak kelas akan menjadi tidak terkontrol. Dalam kegiatan bernyanyi yang pertama harus dilakukan adalah memilih lagu model untuk dipelajari setelah itu tentukanlah tangganada yang sesuai dengan suara anak-anak, dilanjutkan dengan menentulan tempo yang tepat.
Kegiatan bermain musik, perlu teman-teman semua ketahui jika kegiatan bernyanyi saja tidak kucup untuk mengembangkan potensi siswa. Kegiatan bermain musik dapat juga memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan potensi sanak didik. Alat musik dibedakan menjadi tiga macam yaitu alat musik irama, alat musik melodi, dan alat musik harmoni.
Alat musik irama
Alat musik irama adalah alat musik perkusi yang tidak bernadayang dibunyikan dengan cara dipukul misalnya genderang, bas drum, tamburin, triangel, kastanyet,kecrek, jidor,ceng-ceng, rebana dan simbal
Alat musik melodi
Alat musik melodi sebenarnya banyak sekali macamnya, tapi ada satu alat musik yang paling banyak digunakan untuk anak-anak yang berada di SD yaitu alat musik recorder. Alasannya mungkin karena cara memainkan alat musik ini tidak terlalu sulit intuk tingkatan anak SD jika dibandingkan dengan memainkan jenis alat musik lainnya, selain itu harganya relatif terjangkau dan bentuknya yang kecil lebih mudah dibawa. Makanya kebanyakan para guru merekomendasikan recorder sebagai alat musik andalan untuk diajarkan kepada anak-anak SD..
Ada yang perlu diperhatikan agar kita dapat memainkan recorder dengan baik antara lain mengenai jenis recorder, cara memegang, penjariannya, sikap atau cara duduk/berdiri, pernapasan, cara menghasilkan nada yang indah, penggunaan lidah dan cara meniupnya.
Alat musik harmoni
Alat musik harmoni adalah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi nada secara bersamaan yang dikehendaki.
Contoh alat musik harmoni adalah gitar, pianika, piano, orgen dan masih ada yang lainnya. Tapi yang sering digunakan disekolah adalah gitar.
Kegiatan bergerak mengikuti musik
Yang perlu dibahas dalam sub bab ini adalah mengenai jenis kegiatan bergerak dan langkah-langkah untuk mengajarkan gerak.
Jenis kegiatan bergerak
Gerak ditempat adalah kegiatan menggerakan bagian-bagian badab seperti menggerakan tangan keatas, kebawah...... dan lai sevagainya intinya kegiatan itu dilakukan ditempat sambil berdiri, dudujk, jongkok, ataupun berbaring.
Gerak berpindah adalah kegiatan berpindah temapt yang dilakukan dengan bermacam-macam cara seperti berjalan melangkah, berlari yang biasanya dikembangkan menjadi satu komposisi tarian sederhana.
Langkah-langkah untuk mengajarkan musik
Mengajarkan musik dapat dilakukan dengan berbagaicara tapi ada cara yang menurur penulis itu lebih efisien yaitu
Ajaklah anak-anak mendengarkan satu lagu yang penuh perhatian
Ajak anak bergerak mengikuti musik secara bebas
Tanyakan dan diskusikan dengan anak mengapa dia merasa gerakannya itu sesuai dengan musik yang diperdengarkan.
Mintalah anak nergerak mengikuti musik itu kembali.
Sediakn ruangan yang cukup untuk dapat bergerak dengan bebas.
Okkkkeeeeeee tu tadi pembahasan mengenai pembelajarn musik.jika ada banyak kesalahan dalam penulisan, penulis minta maaf ya ...........
Banyak kekurangan n pa bila kompasiana mania kurang setuju atau pendapat silahkan tulis komentnya....,....
Hindarilah untuk memaki seperti engkau menghindari suatu bencna dan wabah penyakit.
Jauhkan pikiranmu dari segala sesuatu yang ahnya akan membutmu putis asa. Lupakanlah keberdaanya, dan pusatkan perhatianmu pada jalan menuju kesuksesan, Dengan begitu, hatimu tidak akan pernah resah dan berdebar- debar.
See you....... . .. . .., , , , , , ////////-----’’’’’’’ ’ ’ ’
1!h47më¡apx
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H