Mohon tunggu...
Ihsanul Bana
Ihsanul Bana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang memiliki ketertarikan dengan transportasi umum dan hobi menjajal tiap transportasi tersebut. Fotografi juga menjadi hal yang dijadikan sebagai eksperimen dalam mengisi waktu kosongnya. Hobi membaca novel karangan Tere Liye membawanya memiliki ketertarikan dalam menulis. Saat ini, penulis tengah mengikuti program KKN Kolaborasi antara UIN Saizu Purwokerto dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan tergabung dalam Kelompok 152 Buniwah.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN 152 Buniwah adakan Sosialisasi Dampak Negatif Game Online

1 Agustus 2024   11:34 Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:54 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Peserta Didik MI Annidhomiyah NU Buniwah/dokpri

Pada hari Rabu, 31 Juli 2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN Kolaborasi) dari Universitas Islam Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN SAIZU Purwokerto), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan sosialisasi bertajuk "Dampak Negatif Game Online" di MI Annidhomiyah NU yang terletak di Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Acara ini diadakan sebagai bagian dari program kerja KKN dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya anak-anak, tentang bahaya dan dampak negatif dari kecanduan game online.

Sosialisasi ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 MI Annidhomiyah NU Desa Buniwah beserta para guru. Materi yang disampaikan meliputi berbagai aspek negatif dari game online, seperti gangguan kesehatan, penurunan prestasi belajar, dan dampak sosial. Selain itu, juga diberikan tips dan saran untuk mengatur waktu bermain game secara sehat dan produktif.

Penyampaian Materi oleh Mahasiswa (Dokrpi)
Penyampaian Materi oleh Mahasiswa (Dokrpi)
Narasumber dalam sosialisasi ini adalah beberapa mahasiswa KKN yang telah mempersiapkan materi dengan baik. Mereka menjelaskan dampak negatif game online dengan cara yang interaktif dan menarik perhatian siswa. Metode penyampaian yang digunakan termasuk presentasi visual, pemutaran video edukatif, serta sesi tanya jawab untuk menggali lebih dalam pemahaman siswa tentang topik tersebut.

Setelah sesi materi, diadakan diskusi singkat untuk mendengarkan pengalaman dan pandangan siswa tentang penggunaan game online. Acara diakhiri dengan pemberian leaflet edukatif yang berisi informasi lebih lanjut tentang cara menghindari kecanduan game online.

Peserta didik tengah menyimak materi (Dokrpi)
Peserta didik tengah menyimak materi (Dokrpi)

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya keseimbangan dalam bermain game online dan mengutamakan kegiatan positif lainnya. Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu siswa untuk lebih bijak dalam menggunakan waktu dan teknologi.

Sosialisasi ini merupakan langkah awal dari berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh tim KKN di Desa Buniwah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.

Ice Breaking sebagai penyegar di kala materi (Dokrpi)
Ice Breaking sebagai penyegar di kala materi (Dokrpi)

Instagram: @kkn152_buniwah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun