Mohon tunggu...
I Gusti Ayu Ananda Putri
I Gusti Ayu Ananda Putri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi perantau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Mengikuti Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital

16 Desember 2020   21:23 Diperbarui: 16 Desember 2020   21:27 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

                Satu semester saya  mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Digital (PND). Banyak pelajaran dan pengetahuan baru yang saya dapati. Apalagi dunia Penulisan Naskah Digital (PND) sangat baru di kehidupan perkuliahan saya karena saya mengambil fokus di Komunikasi Strategis. Selama kurang lebih satu semester, saya mendapatkan beberapa tips menarik dan bermanfaat mengenai penulisan yang baik dan benar pada platform digital. 

Penulisan pada platform digital saat ini sangat penting karena memiliki manfaat yang banyak diiringi dengan perkembangan teknologi yang ada. Dalam perkuliahan Penulisan Naskah Digital, saya belajar mengenai cara membuat tulisan yang menarik perhatian dari masyarakat. Selain itu, saya juga belajar bagaimana cara membuat judul tulisan dengan menggunakan kata kunci yang membuat masyarakat mudah untuk mencari tulisan saya tersebut. Untuk membuat tulisan menjadi lebih baik, ternyata sebagai penulis saya harus menerapkan SEO agar tulisan kita berada di halaman pertama.

            Selama kuliah Penulisan Naskah Digital banyak dilakukan praktek menulis, sehingga saya mengetahui cara menulis atau mengunggah artikel pada Kompasiana. Walaupun tulisan saya tidak menjadi terbaik di setiap bulannya, saya tetap puas karena mampu menjadi seorang penulis. Selain itu, karena kehadiran Penulisan Naskah Digital ini saya mengetahui bagaimana cara menulis press release yang baik dan benar. Dimana, penulisan press release ini membantu cita-cita saya sebagai seorang Public Relations, sehingga saya sangat semangat mempelajari cara menulis press release. Menjadi seorang penulis ternyata kita harus mengetahui bagaimana topik dan gaya tulisan yang disukai dan sesuai dengan target pembaca. Melalui mata kuliah ini juga saya dapat mengetahui bagaimana cara membuat email marketing yang baik dan benar. Kesimpulannya, mata kuliah Penulisan Naskah Digital (PND) membawa banyak manfaat serta pengetahuan baru terhadap kehidupan perkuliahan saya.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun