Mohon tunggu...
Gres Azmin
Gres Azmin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Mengapa Saya Menolak Ajakan Bukber? Bukan Alasan Agamis

31 Mei 2018   09:54 Diperbarui: 31 Mei 2018   10:13 1033
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Sudah bertahun-tahun rasanya nyaris saya gak pernah buka bersama lagi dengan komunitas apapun yang saya ikuti.  Jumlahnya banyak bow... jd kalo tidak selektif, bisa ga pernah berbuka puasa di rumah deh. Duilah sombong level kecamatan banget.

Mengapa saya menolak ajakan bukber (secara halus)? Awal-awal, dimulai beberapa tahun lalu, saya tolak secara halus, alias seperti makhluk halus yang tiba-tiba menghilang begitu diajak. Kalo gak kepepet ditanya berkali-kali,"eh lu bisa kan, jangan ampe ga datang lu" saya memilih silent dan mengaktifkan mode terbang. Kalo emang sudah terpojok, maka saya melakukan tendangan sudut, lalu keluar kalimat,"sorry guys tanggal segitu, gue ga bisa."

Mengapa saya menolak? Alasan utama saya bukan karena bukber itu berpotensi menyebabkan alpa sholat magrib, jika bukber di resto yang tidak punya tempat shalat representatif dan sibuk ketawa-ketawi. 

Bukan pula  karena jika bukber di luar, pulang selepas waktu isya kemudian bablas tidak taraweh karena kelelahan di perjalanan, bukan juga guys. Bukan karena bukber berpotensi riya pamer-pamer kondisi sekarang saat bukber yang dibungkus sekalian reuni, atau ujungnya pamer di medos. Bukan juga karena saat bukber, cenderung memesan banyak makanan dan kemudian tidak menghabiskannya sehingga mubazir. Kalo di rumah seh makanan sisa bakal masuk kulkas, pas sahur dihangatkan dan dimakan lagi hehehe.

Itu semua jelas bisa jadi argumen, tapi alasan utama saya simply karena I'm a mother.

Sejak si bayi brojol sampe sekarang umur hampir 10 tahun, semua aktivitas luar yang ampe nginep di hotel, jadi bukan godaan lagi. Dulu... meski lagi puasa... tugas traveling, tugas luar kota, disamber dengan hati riang. 

Yessss... liat kota baru, liat negara baru... kalo tugas luar 3 hari kalo bisa extend sampe seminggu. Tugas ke Batam, kudu mampir ke Singapur barang sehari dua hari. Tugas ke Maldives, kudu mampir lah eh bentar... gak pernah ding tugas ke Maldives, cuman ngarepnya aja.

My life has change... because of you... si bayi ganteng kesayangan Bunda. Dari dia bayi sampe balita, ga tega hati meninggalkan dia di bulan puasa buat bukber... siapa yang bakal urus? Semua orang sibuk dengan ibadahnya tho? Masa saya "paksa" jagain anak saya? Dibawa? Halah... repotnya tingkat dewa.... Perlengkapan tempurnya aja 1 batalyon lewat. Yang pernah punya bayi mudah-mudahan ngerti. Blom lagi karena zaman itu gak punya mobil, pulangnya bikin hidup tanpa kepastian, repotlah nyari taksi dlsb.  Nebeng teman, kok ya sungkan nyusahin orang. Naik ojek? Halooo ya kalo deket dari rumah... kalo jauh? hufft... ditambah zaman old ga ada lah taksi online macam sekarang. Plus I'm a morning person, namanya gelap dikit, kena semilir AC mobil, bawaan ngantuk, apalagi pas kenyang abis makan enak.

Saat si bayi masuk TK, dia mulai belajar puasa. Puasa setengah hari, sahur lagi pukul 12 siang, lanjut puasa sampai magrib. Kemudian, puasa sampai ashar dan seterusnya sampai magrib. Di sana rasa bangga itu membuncah bagai balon-balon yang diterbangkan ke angkasa oleh astronot. Astronot ga boleh protes kalo ga pernah bawa balon; karena tulisan saya, imajinasi saya, bebas bray! 

Lanjut... Bocah yang udah rada lemes selepas ashar yang hanya dikuatkan tekad dan doa, terkadang sore diisi dengan tertidur, ahhh rasanya gak tega membawanya keluar memenuhi ajakan bukber. Berbuka bersamanya pun terasa intim  sekali. Setelah minum teh hangat, bisa memeluk si bayi, memuji-muji prestasi puasanya hari ini, siapa lagi yang muji kalo bukan saya, Bundanya? Private, karena ga didengar orang. 

Coba kalo saya muji-muji depan orang pas bukber, bisa-bisa dicap pamer, blom tambah nyinyiran,"umur segini puasa penuh? Biasa keles, anak gue umur 2 tahun udah puasa penuh." Langsung disamber ibu laen yang gerah,"Anak saya umur setahun dah puasa penuh." Kemudian saya pun ikut komen,"iya, anak saya blom lahir masih di kandungan juga dah puasa penuh! Puas lo?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun