Mohon tunggu...
Iftitahur Rohmah
Iftitahur Rohmah Mohon Tunggu... Guru - Guru Kimia di Sekolah Swasta di Jakarta

Pembelajaran kimia di SMA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice: Membuat Indikator Asam-Basa dari Bahan Alam dalam Pembelajaran Kimia

23 Januari 2023   09:53 Diperbarui: 23 Januari 2023   10:06 578
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A. LATAR BELAKANG

Kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan penilaian yang bersifat autentik. Penilaian autentik (authentic assessment) adalah penilaian yang dilakukan melalui proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik perlu diketahui oleh guru agar bisa memastikan bahwa peserta didik mengalami proses pembelajaran yang baik dan benar. 

Salah satu model penilaian sebaiknya digunakan di dalam penerapan kurikulum 2013 adalah model PBL, dimana model penilaian ini menggunakan PBL sebagai inti penilaian. Penilaian berbasis masalah dirancang untuk digunakan pada permasalahan kompleks yang diperlukan peserta didik dalam melakukan investigasi dan memahaminya, tentu pada akhirnya pembelajaran ini harus dilakukan penilaian yang sesuai dengan model pembelajaran yang tersebut. 

Pemanfaatan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar peserta didik dalam pembuatan indikator asam basa dapat digunakan untuk penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran kimia. Hal ini penulis lakukan, dikarenakan pengalaman penulis dimana peserta didik masih kurang dalam kegiatan laboratorium. Dengan peningkatan kegiatan praktikum, diharapkan kolaborasi  dan komunikasi peserta didik dapat meningkat.  

B. TUJUAN 

Tujuan penulisan best practice ini untuk mendeskripsikan penerapan PBL pada materi asam basa dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di lingkungan sekitar. 

C. MANFAAT

Manfaat dari penulisan best practice ini adalah memberikan alternatif proses pembelajaran dan penilaian dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di lingkungan sekolah dan peserta didik. Di samping itu, diharapkan dengan aktualisasi penerapan PBL dengan memanfaatkan bahan-bahan alam dapat menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan sekitar dan menambah rasa syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa akan karunia dan keanekaragaman hayati yang sudah dilimpahkan. 

D. PELAKSANAAN

Alat dan bahan yang digunakan:

1. gelas kimia (beaker)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun