Mohon tunggu...
Iqbal Iftikar
Iqbal Iftikar Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Wannabe

Nothing was never anywhere

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengharapkan KRD Bandung Raya yang Lebih Nyaman

12 Mei 2018   22:08 Diperbarui: 13 Mei 2018   12:40 3174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Tribun Jabar/Siti Fatimah

Hari Sabtu (12/5) saya menaiki kereta lokal Bandung Raya dari stasiun dekat rumah saya, Cimekar, ke stasiun Bandung. Saya tiba di stasiun sekitar jam setengah sembilan kurang sepuluh menit, rencananya saya akan naik kereta jam setengah sembilan. Sesampainya di stasiun, puluhan orang sudah memenuhi ruang tunggu dan peron.

Segera saya membeli tiket di loket untuk mendapatkan tiket kereta pukul 10 karena tiket kereta jam setengah sembilan sudah habis terjual. Yah, walaupun sedikit menyesal tidak bisa mengejar kereta yang diinginkan, setidaknya ada harapan bahwa kereta selanjutnya bisa agak lowong.

Kereta pertama berhenti. Para penumpang yang sudah menunggu segera menaiki kereta. Peron jalur 2 stasiun Cimekar adalah peron rendah dan pendek. Hanya 4 kereta dari total 8 kereta dalam satu rangkaian yang bisa dilayani di peron. Peron yang rendah pun menjadi kesulitan tersendiri bagi ibu-ibu, anak kecil dan orang tua.

Kereta pertama pun berangkat. Saya duduk di ruang tunggu yang sudah mulai kosong sambil mencari bahan untuk tulisan saya siang ini. Tanpa perlu menunggu lama, beberapa orang mulai membanjiri kembali ruang tunggu. Tidak terlalu ramai, tapi cukup ramai untuk mengubah anggapan saya bahwa kereta selanjutnya akan lebih kosong.

KA Lokal Bandung Raya di Stasiun Cicalengka (sumber: commons.wikimedia.org)
KA Lokal Bandung Raya di Stasiun Cicalengka (sumber: commons.wikimedia.org)
Benar saja, kereta jam 10 tiba dan sudah sangat penuh. Saya segera bergeser ke peron paling belakang untuk menghindari penumpang lain yang ingin berdesak masuk. Tapi sia-sia saja, penumpang yang sudah naik dari stasiun sebelumnya terlanjur berjejal di bordes kereta. Saya pun menyelesak masuk dan menemukan bagian dalam kereta juga sama penuhnya. Saya pun berdiri di dekat pintu bordes.

Sebelum saya melanjutkan, saya ingin menjelaskan sedikit tentang kereta lokal Bandung Raya.

Bagi penumpang kereta komuter di kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya mungkin menganggap KRD Bandung Raya sama seperti di tempat asal mereka: sebuah rangkaian kereta traksi diesel atau listrik tanpa lokomotif dengan konfigurasi kursi berhadap-hadapan dan lantai yang luas. 

Sayangnya, kereta lokal Bandung Raya tidak seperti itu. Kereta lokal Bandung Raya hanya sebuah rangkaian kereta ekonomi tua dengan konfigurasi kursi 3-2 (tipikal kereta ekonomi PSO) dan ditarik oleh lokomotif.

Kereta ekonomi tempat duduk 3-2. Kereta lokal lebih jelek lagi dari ini. Foto oleh Aldio Yudha Trisandy (sumber: commons.wikimedia.org)
Kereta ekonomi tempat duduk 3-2. Kereta lokal lebih jelek lagi dari ini. Foto oleh Aldio Yudha Trisandy (sumber: commons.wikimedia.org)
Saya lanjutkan kembali ceritanya:

Alhasil, saya berdiri di dekat pintu bordes, berdesakan dengan penumpang lainnya. Mayoritas penumpang saat itu bukanlah para pekerja yang ingin pergi ke kantor atau berdagang di pasar. Karena hari ini adalah hari Sabtu, banyak keluarga yang merencanakan piknik ke kota atau berbelanja di Pasar Baru. Kereta saat itu pun penuh sesak oleh keluarga: ibu-ibu, anak kecil, bayi hingga orang tua.

Perjalanan menuju stasiun Bandung terasa sangat lama jika dilalui sambil berdiri berdesakan. Ketika kereta berhenti di stasiun Kiaracondong dan Cikudapateuh, penumpang yang turun pun sangat kesulitan untuk mendesak keluar. Sementara itu, penumpang baru juga ingin ikut berdesakan masuk.

Hal yang membuat saya agak terganggu, atau mungkin tersentuh, adalah tangisan bayi yang terus bersahutan dari mulai stasiun Kiaracondong sampai stasiun Bandung. Melihat dari posisi duduknya, saya kira mereka sudah naik dari Cicalengka atau Rancaekek, sebelum saya naik kereta. 

Kebetulan, saat itu listrik di kereta saya mati sehingga AC tidak menyala. Mungkin karena panas dan bosan, rengekan bayi mengisi seluruh kereta. Sang ibu sibuk menenangkan bayi sementara sang ayah.

Kereta Komuter yang Nyaman
Bayangan orang Surabaya tentang kereta komuter. Sumber: railway.web.id
Bayangan orang Surabaya tentang kereta komuter. Sumber: railway.web.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun