Mohon tunggu...
Ifa Hikmah
Ifa Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu mahasiswa di Semarang yang suka dengan membaca, menulis, dan tertarik dengan desain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sat Set Sat Set Mengerjakan Tugas Kuliah Bareng IndiHome di Kos

16 Juli 2022   11:50 Diperbarui: 16 Juli 2022   11:56 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah nggak sih sedang mengerjakan tugas tiba-tiba kuota data internet habis? Padahal otak lagi encer-encer-nya dan ide sedang mengalir deras, tetapi bahan referensi tidak bisa diakses karena kuota habis. Akhirnya, terpaksa keluar kos untuk membeli paket data internet. Pasti kesel, 'kan? Ada yang mengalami hal serupa?

Kabar baiknya adalah hal tersebut terjadi saat aku masih menjadi mahasiswa baru, kurang lebih dari semester satu sampai dengan empat sebelum aku pindah kos. Jadi, tempat kos lamaku tidak ada jaringan internetnya sama sekali. Setiap bulan aku harus membeli paket data internet sendiri.  Namun, sekarang dengan membayar biaya kos yang sedikit lebih mahal dari sebelumnya, alhamdulillah aku bisa mengerjakan tugas tanpa takut kuota data internet habis, kecuali kalau mati lampu yaa hehe.

Semester kemarin, kampusku mulai menerapkan pembelajaran hybrid dan mau tidak mau aku harus kembali meninggalkan rumah yang sempat memberiku kenyamanan selama pandemi. Namun, pada pelaksanaan pembelajaran hybrid, tidak selalu mata kuliah dilakukan secara tatap muka. Beberapa mata kuliah masih dilakukan dengan daring menggunakan zoom meeting. Tentunya dalam pembelajaran tersebut, aku membutuhkan koneksi internet yang baik.  Sekarang, aku sudah tidak khawatir lagi karena koneksi di kos tempatku tinggal sangat baik dan lancar. Aku dapat menjalankan perkuliahan daring dengan baik. Selain itu, aku dapat mengerjakan tugas tanpa kekurangan referensi dari internet. Semua ini karena adanya IndiHome dari Telkom Indonesia.

Semakin ke sini, aku mulai menyadari bahwa internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan, khususnya mahasiswa. Apalagi dengan adanya transformasi digital pada bidang pendidikan. Selain itu, adanya pandemi juga mempengaruhi penggunaan internet yang semakin tinggi. Bisa dibayangkan berapa lama dalam sehari kita menggunakan internet. Saat koneksi internet terputus saja, kita sudah merasa mati gaya alias bingung mau melakukan kegiatan apa, benar nggak? Pasalnya sebagian besar kegiatan kuncinya ada di internet misalnya saja kerja, sekolah, belajar, nonton, main game, belanja dan lain-lainnya pun butuh koneksi internet. Internetnya Indonesia hadir membawa manfaat tak terbatas tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, nampaknya terdapat banyak manfaat internet di berbagai lini kehidupan. Namun, pada kesempatan kali ini aku akan menyampaikan beberapa manfaat internet yang aku rasakan sebagai mahasiswa dan anak rantau.

Pertama, bagiku internet sangat menunjang kegiatan belajar mengajar seperti saat ini. Dimana pembelajaran tidak hanya dilakukan tatap muka namun juga dilakukan secara daring. Internet menjadi alat pengajaran yang efektif. Dosen dapat menggunakannya sebagai alat pengajaran dengan memposting bahan ajar, baik catatan maupun video di situs kampus. Selain itu, internet juga sebagai media referensi di saat aku mengerjakan tugas karena sekarang terdapat banyak e-book yang bisa diakses dengan internet.

Kedua, bagiku internet sangat menunjang komunikasiku dengan orang lain. Tentunya, sebagai anak rantau, dalam menjalin tali silaturahmi aku dapat menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dengan orang tau, kerabat, dan sahabat yang tidak dapat berkomunikasi secara langsung.

Ketiga, bagiku internet adalah sebagai media informasi. Internet selain menunjang dalam mengerjakan tugas kuliah, internet juga sangat memberikan banyak informasi. Salah satunya, aku dapat menambah skill baru misalnya desain. Selain itu, aku juga dapat mempelajari bahasa asing yang belum aku kuasai sebelumnya. Internet menjadi tempat belajar baru yang tak terbatas karena semua dapat diakses melalui internet.

Keempat, bagiku internet dapat menjadi sarana menyalurkan hobi. Seperti saat ini, aku dapat menyalurkan hobi menulis sehingga tulisanku dapat dibaca oleh pembaca. Selain itu, aku juga dapat menyalurkan hobi membaca novel dan komik melalui platform-platform online yang tersedia di internet. Tidak hanya itu, aku juga dapat berjualan melalui media sosial dengan adanya kekuatan internet. Sehingga aku bisa mendapat uang saku tambahan.

Kelima, bagiku internet dapat menjadi sarana hiburan. Saat aku lelah dengan tugas kuliah, biasanya saya menonton video-video lucu, film, dan lain-lain. Hal itu tentunya, aku lakukan untuk merilekskan diri dari padatnya perkuliahan daring.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun