Mohon tunggu...
ifa avianty
ifa avianty Mohon Tunggu... -

Saya seorang penulis, ibu rumah tangga, senang membaca, memasak, dan kerja2 kreatif lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

BII Maybank Menghadirkan Teknologi Perbankan dalam Genggaman yang Simpel dan User Friendly

4 Oktober 2015   15:24 Diperbarui: 4 Oktober 2015   16:01 353
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu bank konvensional yang cukup lekat dalam kehidupan saya adalah BII atau Bank Internasional Indonesia, yang pada Jumat tanggal 26 September 2015 resmi diakuisisi oelh Maybank atau Malayan Banking Berhad, salah satu bank terbaik dan besar di Malaysia. Sekitar tahun 1998, saya ingat BII adalah bank pertama yang menggunakan teknologi internet banking, disusul tahun 1999, BII menjadi bank nasional pertama dan satu-satunya yang menyediakan ATM US Dollar, kalau tidak salah waktu itu salah satunya di ATM Plaza Indonesia.  Selanjutnya pada tahun 2003, BII menjadi pelopor dalam penggunaan Mesin Setor Tunai. Teknologi perbankan BII terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat.

Pengalaman dan prestasi yang panjang itu, membuat BII menjadi bank terdepan dalam penggunaan system informasi dalam dunia perbankan. Untuk itulah pada tanggal 14 September 2015, BII kembali meluncurkan program terbarunya yaitu BII Maybank2U. Program ini dliuncirkan dalam acara bertajuk Mobile Banking Landscape and the New BII Mobile Banking di Midtown Jakarta Bistro and Lounge, di kawasan Tulodong Atas, Senopati, SCBD, Jakarta Selatan. Sebagai narasumber adalah Hansal Savla (Senior Director TNS Research), Gusnawan Tjan (Head of Business Planning and Performance Manager BII), Stephanus Willy Soekianto (Wealth Manager, Segment Strategy and E-Channel BII), Danny Oei Wirianto (Kaskus Chairman), dan Amran Hasan (Maybank’s Head of Corporate Development and Innovation). Sebagai moderator, adalah Mr. John Patrick (CEO Fintech Association and Cekaja.com), yang kocak dan banyak menggunakan bahasa Indonesia. Saya selaku salah satu anggota Kompasiana, beruntung sekali bisa ikut meliput dan menambah ilmu serta wawasan di acara ini.

[caption caption="BII Maybank2U"][/caption]

[caption caption="Sang Moderator, Mr. John Patrick yang kocak "]

[/caption]

Menurut Gusnawan Tjan, pada acara tersebut, BII adalah bank yang konsisten dan terdepan dalam melakukan inovasi di bidang Teknologi Informasi. Pada tahun 2013, BII sudah meluncurkan mobile banking berbasis pesan teks untuk menjangkau 5.1 juta nasabah di Indonesia. Pesan teks tersebut berbasis Android, iOS, Blackberry, dan Windows Phone. Demikian pula aplikasi BII Maybank2U dilengkapi dengan teknologi tingkat tinggi, yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk menjangkau 177,7 juta masyarakat Indonesia yang berusia di atas 17 tahun.

Dari jumlah tersebut, baru 36.1 persen saja yang sudah memiliki akun di bank atau sebagai nasabah bank. Sementara menurut Hansal Savla, saat ini penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 37% dari jumlah penduduk, 90% nya menggunakan smartphone. Hasil survey terhadap 100 orang dewasa mendapatkan kesimpulan 82% menggunakan ponsel, 50% menggunakan akses internet melalui ponsel, dan 23% merupakan pengguna smartphone. Transaksi m-banking mencapai 11% dari total aktivitas perbankan, yang terdiri atas 56% melakukan transfer rekening, tramsfer antar rekening bank dari ponsel 31%, notifikasi kartu kredit 29%, membaca info tentang rekeningnya 27%, sms banking 17%, dan pengelolaan portofolio saham 8%.

 BII Maybank sebagai bank yang peduli pada penggunaan teknologi informasi dalam dunia perbankan melihat bahwa masyarakat sangat menggemari smartphone. Oleh karena itu, diluncurkanlah aplikasi Maybank2U yang bisa dioperasikan di segala jenis smartphone, antara lain Android dan iPhone.

Teknologi Maybank2U membantu user untuk selalu terhubung dengan Facebook BIIFrineds dan twitter @biifriends, sehingga bisa menyatukan aktivitas professional dengan sosialisasi di dunia maya. Aplikasi ini juga bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginan kita.

BII Maybank juga merupakan bank pertama yang menggunakan Teknologi Augmented Reality, yaitu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dan atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan tiga dimensi, at the realtime.

Misalnya ketika kita bingung mencari lokasi ATM  atau kantor cabang BII terdekat, kita cukup mengangkat smartphone agak tinggi. Langusng muncul informasi yang dibutuhkan. Begitu pula untuk mencari resto terdekat dan tempat-tempat dimana sedang berlangsung program promo dan diskon bagi nasabah BII Maybank. Simple and user friendly, begitu filosofi teknologi ini. Aplikasi ini benar-benar membantu nasabah BII Maybank untuk menterjemahkan kebutuhan mereka secara cerdas dengan perangkat teknologi, dan dengan ini BII Maybank ingin membangun keselarasan antara consumer behavior dengan Teknologi Informasi.

Direktur Perbankan Ritel BII, Lani Darmawan, menambahkan bahwa nasabah yang memiliki mobilitas tinggi memerlukan layanan perbankan yang cepat dan aman. Bahkan aplikasi BII Maybank2U dilengkapi dengan fitu-fotur lifestyle yang memanjakan nasabah, seperti beauty, fashion, dan leisure. Hal yang sama juga ditegaskan oleh Stephanus Willy S yang menjelaskan tentang target BII untuk meningkatkan nasabah yang menggunakan mobile banking, dari sekitar 320.000 nasabah di tahun 2015 hingga bertambah 15% di tahun depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun