Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Siswa

28 Maret 2017   07:55 Diperbarui: 28 Maret 2017   17:00 1133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anggota science club SMP IT Yaspida Sukabumi sedang melakukan percobaan. (Foto : Dok. Pribadi)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANALITIS SISWA

MELALUI KEGIATAN SCIENCE CLUB

Oleh:

IDRIS APANDI

(Widyaiswara LPMP Jabar, Ketua Komunitas Pegiat Literasi Jabar/ KPLJ)

Ada pemandangan yang menarik pada saat dilaksanakan seleksi calon siswa siswa SMP IT Yaspida di Pasir Seah Kabupaten Sukabumi tanggal 26 Maret 2017. Setelah para calon siswa disuguhi atraksi ekstrakurikuler marching band dan Paskibra yang memukau, lalu ditampilkan hasil karya dari ekstrakurikuler science club.

Sejumlah stand atau meja disiapkan di luar dan di dalam ruang kelas. Meja-meja tersebut ditunggu oleh panitia atau anggota science club.Melalui pengeras suara, panitia menyampaikan bahwa sambil menunggu anaknya mengikuti seleksi, orang tua dapat melihat-lihat pameran dan bazaar yang ada di dekat tempat seleksi.

Saya pun tertarik untuk melihat-lihatnya. Saya menyusuri stand yang berada di luar sampai dengan yang berada di dalam ruangan. Di atas meja, disimpan berbagai hasil karya dari para anggota science club.Perhatian pertama saya tertuju kepada mikroskop yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil. Saya melihat beberapa orang tua yang mencoba mikroskop. Selain itu, ada juga orang tua yang bertanya kepada penjaga stand.

Anggota Science Club Yaspida sedang melakukan percobaan. (Foto : Dok. Pribadi)
Anggota Science Club Yaspida sedang melakukan percobaan. (Foto : Dok. Pribadi)
Saya memilih melihat-lihat terlebih dahulu sebelum bertanya, hingga pada akhirnya Saya pun bertanya kepada setiap stand. Saya kagum terhadap para penjaga stand yang merupakan siswa kelas VII yang begitu sigap, antusias, dan percaya diri menjawab setiap pertanyaan Saya.

Tercatat ada 13 stand yang saya datangi. Mulai dari tempat mikroskop, tempat pengawetan hewan, tempat hidroponik, proses pembuktian fotosintesis, menanam kaktus pada media tertentu, alat penghantar listrik, alat penyuling air, prototype pompa air, alat untuk melihat bintang, media pembuktian tanah longsor, sistem respirasi hewan, dan uji kandungan karbohidrat, serta foto-foto tumbuhan dan hewan.

Pada setiap stand Saya menyampaikan cukup banyak pertanyaan. Hal ini dilandasi oleh rasa ingin tahu Saya. Disamping menjawab pertanyaan secara lisan, mereka pun bersedia untuk mempraktekkan proses percobaan untuk membuktikan jawaban-jawaban yang Saya sampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun