Oleh:
IDRIS APANDI
(Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan/LPMP Jawa Barat)
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam interaksi pembelajaran antara guru dan siswa. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pemberi pesan (komunikator) kepada pihak penerima pesan (komunikan). Komunikasi antarpribadi dapat berjalan secara efektif jika pihak-pihak yang berkomunikasi menguasai cara-cara berkomunikasi yang baik.Â
Selain faktor komunikator dan komunikan, ada faktor lain yang berpengaruh terhadap efektivitas sebuah komunikasi, yaitu pesan yang disampaikan, konteks (lingkungan, situasi, dan kondisi) dan sistem penyampaiannya (metode dan media yang digunakan).
Dalam proses komunikasi, ada beberapa sikap yang dapat mendukung efektivitas komunikasi, yaitu isyarat verbal seperti kata-kata atau komentar singkat, dan isyarat nonverbal seperti mimik muka, tatapan mata, atau gerakan tubuh.
Di zaman sekarang, banyak sekali terjadi ada dua orang yang sedang berdialog, tapi masing-masing sibuk dengan gawainya masing-masing, sehingga kurang efektif dan kurang sopan secara etika.
Berbagai tindakan kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan, baik kekerasan guru terhadap siswa maupun kekerasan siswa terhadap guru, menurut saya disamping disebabkan oleh faktor psikologis guru dan siswa, juga disebabkan oleh tersumbatnya komunikasi antara kedua belah pihak, sehingga akibatnya rasa kesal yang sudah sekian lama terpendam, ibarat api dalam sekam, lalu "meledak" yang diekspresikan melalui tindakan kekerasan, baik kekerasan fisik, verbal, maupun psikis.
Komunikasi antara guru dan siswa kadang tidak berjalan secara efektif. Guru selalu berada pada posisi yang lebih superior daripada siswa, sedangkan siswa berada posisi yang lemah di hadapan guru. Contohnya, dapat dilihat pada video yang viral beberapa waktu yang lalu dimana seorang oknum guru sebuah SMK di Purwokerto Jawa Tengah yang menampar beberapa orang siswanya karena dinilai telah melanggar tata tertib sekolah.
Banyak pihak yang menyayangkan hal tersebut. Dengan alasan apapun, memang kekerasan tidak dapat dibenarkan dalam mendidik siswa, karena akan berdampak buruk terhadap siswa. Siswa akan merasa tertekan, takut, bahkan dendam terhadap gurunya. Dan hal tersebut diakui oleh sang pelaku yang mengatakan murid-muridnya mungkin akan dendam padanya. Sang pelaku pun telah diamankan oleh polisi dan terancam sangsi pidana.
Membangun komunikasi efektif antara guru dan siswa memang perlu disertai dengan sikap saling menghormati dan saling menghargai antara guru dan siswa. Aturan-aturan kelas pun perlu dikomunikasikan kepada siswa agar tidak bisa sepihak.