Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penulis 1070 lebih artikel dan 55 buku, trainer menulis, dan mengisi berbagai seminar/ workshop menulis, pendidikan, dan peningkatan mutu guru, baik di daerah maupun nasional.

Penulis 1070 lebih artikel dan 55 buku, trainer menulis, dan mengisi berbagai seminar/ workshop menulis, pendidikan, dan peningkatan mutu guru, baik di daerah maupun nasional.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dedi Mulyadi dan Filosofi Sepeda

16 Januari 2017   16:19 Diperbarui: 16 Januari 2017   16:24 1440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku Mengayuh Negeri dengan Cinta Karya Kang Dedi Mulyadi. (Foto : Dok. pribadi).

Oleh:

IDRIS APANDI

Tulisan ini terinspirasi dari buku Mengayuh Negeri dengan Cinta Cetakan V Tahun 2014 yang ditulis Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi yang akrab disapa Kang Dedi. Pada bukunya, Kang Dedi menyebutkan bahwa Beliau setiap  Selasa dan Jumat senang berkeliling kota dengan mengayuh sepeda kumbang. Disamping menyehatkan, bersepeda juga dapat merasakan angin yang bersemilir menyentuh tubuh. Selain itu, sekaligus dapat mengamati kota dan bertemu dengan banyak orang. Dnegan demikian, seorang pemimpin dapat bersosialisasi dan berdialog dengan rakyatnya.

Bagi sebagian orang, fungsi sepeda hanya sebagai sarana transportasi. Tetapi bagi Kang Dedi, ada nilai-nilai filosofis yang dapat diambil dari sebuah sepeda kumbang dalam memimpin rakyat dan mengelola sebuah pemerintahan. Berikut adalah beberapa nilai yang Saya ambil dari pemikiran Kang Dedi tersebut. Pertama, mengayuh dengan penuh keseimbangan. Ketika mengayuh sepeda, maka harus mampu menguasai keseimbangannya agar tidak jatuh. Sepeda pun harus dikayuh agar dapat terus berjalan. Pada kayuhan awal biasanya agar berat dan agar sulit menjaga keseimbangan, tetapi setelah itu, kayuhan terasa lebih ringan dan lebih seimbang.

Intinya, diri harus dikendalikan agar seimbang, dan hidup adalah perjuangan. Orang yang belajar naik sepeda pasti gagaleongan¸pernah jatuh, dan bangun lagi sampai akhirnya bisa seimbang dan lancar mengendarainya. Begitupun dalam memimpin masyarakat yang beragam latar belakang dan beragam karakter, tentunya diperlukan seni dalam memimpin.

Supaya sepeda bisa seimbang dan bisa terus bergerak, maka sepeda harus terus dikayuh. Maka kehidupan pun demikian, harus terus bergerak, sesekali boleh berhenti untuk menyiapkan rencana berikutnya. Kehidupan yang bergerak adalah kehidupan yang dinamis, dan kehidupan yang dinamis akan dihadapkan pada tantangan dan persoalan yang harus diselesaikan. Mengayuh sepeda juga membutuhkan energi. Oleh karena itu, manusia harus kerja keras agar kehidupan ini dapat bergerak dan dapat bertahan ditengah semakin ketatnya dan kerasnya persaingan hidup.

Dalam konteks kepemimpinan, menurut Kang Dedi, mengayuh adalah menggerakkan negeri ke masa depan, melewati naik turunnya perjalanan kehidupan. Mengayuh negeri adalah menggerakkan seluruh warga dengan seluruh persoalannya agar sanggup menempuh jarak, menuju cita-cita, dan menghasilkan perubahan secara terus menerus. Mengayuh negeri adalah membawa negeri menuju cita-cita mulia dengan cara terus bekerja sama dengan seluruh unsur bangsa tanpa ada satu pun yang terlewat. (Dedi Mulyadi, 2009 : vii).

Kedua, stang dan pengendalian diri. Stang merupakan elemen penting sepeda. Stang dipegang dan dikendalikan oleh sang pengendara. Orang yang pertama kali belajar sepeda tentunya harus bisa memegang, mengendalikan, sekaligus “menaklukkan” stangnya. Awalnya susah dikendalikan, tetapi lama kelamaan bisa beradaptasi dan menjadi nyaman. Menurut Saya, dalam konteks kehidupan, stang diibaratkan sebagai ajaran agama yang menjadi pedoman hidup yang harus dipegang teguh agar tidak jatuh.

Pada stang terdapat rem, bel, dan lampu jalan. Peran rem sangat penting. Rem adalah alat untuk mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti. Banyak kecelakaan terhadi akibat rem blong. Manusia pun banyak yang celaka karena tidak mengerem hawa nafsunya.

Bel adalah alat komunikasi. Digunakan untuk mengingatkan atau memberi tahu kita. Bel dibunyikan ketika ada yang menghalangi laju atau ketika berpapasan dengan orang lain. Dalam konteks kehidupan, bel adalah gambaran pentingnya manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain, karena selain sebagai individu, manusia juga adalah makhluk sosial. Selain itu, bel ibarat karya sebagai bukti atau pengingat keberadaan seorang manusia.

Lampu jalan digunakan sebagai alat penerang dikala malam. Menurut Kang Dedi, lampu jalan adalah contoh yang tepat untuk cahaya hasil usaha sendiri. Lampu sepeda tidak menggunakan baterai, tidak juga aki. Lampu akan menyala ketika dinamonya dilekatkan dengan ban depan sepeda, dinamo berputar mengikuti gerak putar sepeda.  Tentu saja ada beban yang semakin memberat, laju ban akan sedikit menghambat demi menghasilkan cahaya penerang jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun